Satuan Ukuran Penting Dalam Menyeduh Kopi Untuk Pemula

0
297
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

1. Berat Kopi dan air, Gram (gr) dan Mililiter (ml)

Tujuan untuk menentukan berat dalam menyeduh kopi yaitu seberapa banyak porsi yang akan Anda sajikan, 1 cup, 2 cup, 3 cup atau lebih. Tidak semua seduhan memiliki berat bubuk kopi yang sama. Karena terdapat komposisi atau rasio antara kopi dan air, maka harus diperhitungkan berapa jumlah berat kopi, berapa jumlah kuantitas airnya.

sebagai contoh: untuk membuat seduhan jika Anda menggunakan ratio kopi ke air perbandingan 1:15 maka perhitungannya 1gr kopi untuk 15ml air, jadi jika anda:

  • Menggunakan 10 gr kopi dikalikan dengan ratio air yaitu 15 = 150ml (Total air&kopi)
  • Menggunakan 15gr kopi  dikalikan dengan ratio air yaitu 15 = 225ml (Total air&kopi)
  • Menggunakan 18gr kopi dikalikan dengan ratio air yaitu 15 = 270ml (Total air&kopi)

⇒ Bagaimana Cara Mengukur Kopi Tanpa Timbangan

2. Ukuran Grind Size (hasil gilingan kopi)

Disini anda akan menentukan berapa ukuran besar-kecilnya kopi yang sudah digiling, banyak yang berpendapat jika gilingan ini akan mempengaruhi ekstraksi ketika kopi bertemu dengan air.

  • Coarse, adalah gilingan kopi dengan ukuran besar/kasar. beberapa seduhan yang menggunakan gilingan kasar diantaranya: French press, pour over
  • Medium, adalah gilingan kopi dengan ukuran sedang. beberapa seduhan yang menggunakan gilingan sedang diantaranya: Vietnam Drip, Pour over V60, Kalita dll
  • Fine, adalah gilingan kopi dengan ukuran halus beberapa seduhan yang menggunakan gilingan halus diantaranya: Espresso, Mokapot, dll

Untuk grinder dengan tingkat presisi yang tinggi dan pengaturan yang lebih banyak akan memiliki paling tidak sekitar 7 ukuran.

diantaranya:

  1. Super Coarse
  2. Coarse
  3. Coarse to Medium/Medium to Coarse
  4. Medium
  5. Medium tio Fine
  6. Fine
  7. Super Fine

⇒ Mengenal Fungsi Utama Penggiling Kopi (Grinder)

3. Ukuran Suhu Air

Celcius, suhu pada kopi saat diseduh usahakan ditentukan berdasarkan jenis kopinya, kopi di Indonesia memiliki reaksi berbeda-beda saat bertemu air, jika terlalu panas/sangat panas, maka kopi akan terbakar dan juga bisa menyebabkan smoky(gosong).

Panas suhu terbaik dalam penyeduhan kopi untuk pemula antara 80°-90°Celcius

4. Ukuran Waktu Detik, Menit dan Jam

Kenapa waktu begitu penting, Karena seorang penyeduh profesional harus mengetahui kapan waktu dimulai dan diakhirinya dalam menyeduh kopi.

  • Untuk satuan Detik akan sangat berpengaruh dalam penyeduhan Espresso
  • Untuk Satuan Menit Anda dibutuhkan untuk menyeduh Pour Over, French Press, dan sebagainya
  • Untuk Satuan Jam ini biasanya digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode cold brew

karena anda juga akan mengetahui kuantitas waktu dalam menyeduh kopi, jika terlalu cepat atau terlalu lama maka, hasil rasa seduhan-pun juga akan berbeda.

contoh kasus: ketika menyeduh espresso standar waktu yang digunakan antara 25-30 detik jika menyeduh dibawah 25 detik maka yang terjadi adalah under ekstraksi hasil rasa yang dikeluarkan akan kecut, jika menyeduh lebih dari 30 detik maka yang terjadi adalah over ekstraksi, hasil rasa yang dikeluarkan akan kecut.

⇒ 5 Ukuran Penting Dalam Meracik Kopi

Bagi kalian yang masih bingung dalam mengetahui ukuran apa saja yang dibutuhkan dalam menyeduh kopi, tidak perlu khawatir. Anda harus tetap semangat belajar, karena proses belajar tidak memandang apakah Anda pemula atau sudah ahli, belajar dimanapun dan kapanpun karena proses belajar itu sendiri tidak ada habisnya.

“Seorang ahli-pun pada awalnya juga pemula”

-Kaveo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here