Resep Seduh Aeropress Ala Sang Pencipta Alan Adler

0
37
Photo by Burst on Pexels.com

Alan Adler adalah penemu alat seduh kopi manual AeroPress. Alat seduh ini menjadi populer sejak kelahirannya di tahun 2018. AeroPress menjadi salah satu alat yang dipilih oleh para penikmat kopi karena desainnya yang sangat memudahkan bagi pengguna juga karakteristik rasa kopi yang lebih fleksibel untuk diatur dengan alat ini.

Dalam usahanya yang tak kenal lelah untuk menciptakan alat ini, Alan ternyata cukup kesulitan mendapatkan resep seduhan terbaik menggunakan AeroPress. Berikut adalah resep yang ia rekomendasikan untuk menyeduh kopi dengan AeroPress.

Ukuran gilingan Alan menyarankan untuk menggunakan ukuran halus (fine) dan suhu air sekitar 80-85° celcius. Alan memilih metode normal dengan cara meletakkan AeroPress di atas gelas atau decanter langsung. Ia memakai 15 gram kopi kemudian menambahkan air 85-90ml, aduk hingga 10 detik dan pastikan seluruh bubuk kopi telah basah merata. Setelah itu tekan AeroPress selama 20-60 detik, tekan AeroPress secara stabil sesuai berat natural. Hasil dari seduhan ini diberi nama oleh Alan sebagai konsentrat kopi sehingga kalian dianjurkan untuk menambahkan kembali air panas hingga rasanya sesuai dengan selera kalian.

sumber: european coffee trip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here