Perbedaan Antara Kopi Single Origin dan Kopi Blends

0
44
Photo by Janko Ferlic on Pexels.com

Apakah kamu tergila-gila dengan yang namanya kopi? nah bagi kita pencinta kopi pada saat awal mengenal istilah “single origin”, dan “blend” yang biasanya disampaikan oleh barista di sebuah coffee shop. membuat kita bertanya-tanya sebelum tidur, tentang apa makna single origin dan blend.

apa yang dimaksudkan sang barista adalah rasa kopi atau seduhannya? apakah jenis varietas pada sebuah kopi? yang pasti bukan itu semua.

nah sobat, mari kita pahami bersama-sama

Kopi Single Origin

merupakan kopi yang ditanam di satu tempat tertentu, pada umumnya penunjukan lokasi yang disebutkan seperti asal daerah, gunung dan negaranya. tanaman kopi dipanen di sebuah ladang yang sama atau asal daerah yang sama. Kopi single origin cenderung memiliki eksklusifitas dikalangan para penikmat kopi.

Contoh dalam penanda kopi single origin: Aceh Gayo, berarti provinsi Aceh daerah kabupaten Gayo, Toraja Sapan, Berarti kopinya origin dari Kabupaten Toraja, desa Sapan. Ijen Blawan berarti dari gunung Ijen daerah Blawan dan lain sebagainya.

Kopi Blends

Langkah awal proses kopi single origin yang umum digunakan oleh rumah sangrai adalah mencampurkan kopi yang sudah diroasting terlebih dahulu.

Ketika kopi yang memiliki letak geografis atau daerah yang berbeda dicampurkan. biasanya beberapa rumah sangrai yang berada di Indonesia hanya mencampurkan 2 kopi single origin. bahkan di beberapa negara lain menggunakan 4 pencampuran kopi dari daerah yang berbeda.

Nah gimana guys tau kan perbedaannya antara Kopi Single Origin dan Kopi Blends. ada 2 perbedaan antara kopi Single Origin dan Kopi Blends, diantaranya:

1. Ketersediaan dan Harga

Kopi Single Origin memiliki harga relatif lebih mahal. karena kopi single origin memiliki masa tumbuh tanaman kopi yang bervariasi dengan tanaman kopi dari daerah lain, yang mana juga akan membedakan waktu masa panennya.

Terkadang berbuahnya kopi single origin juga musiman, maka bisa lebih sedikit hasil produksinya. ini lah yang akan berdampak pada penentuan harga kopi. jika kopi blends bisa diproduksi setiap tahun karena bisa menyesuaikan ketersediaan kopi yang ada.

2. Cita Rasa

Kopi single origin dinikmati tanpa campuran, bisa menggunakan metode seduh manual ataupun tubruk, ini bisa mendapatkan karakter rasa dari kopi single origin itu sendiri, sekali lagi ingat tanpa ditambahkan gula atau susu.

Jika Anda orang yang suka kopi dengan campuran susu seperti Cappucino, Latte, Piccolo, Flat White, dll. biasanya kedai kopi akan memberikan kopi blends andalan kedai tersebut. ini biasa disebut dengan istilah house blends

Nah sedikit banyak anda taukan antara kopi single origin dan kopi blends. jadi intinya kopi single origin adalah kopi yang ditanam di suatu daerah dan memiliki sebuah ciri khas karena letak geografis dari tempat ditanamnya kopi tersebut dan kopi blends adalah pencampuran dari 2 atau 4 kopi single origini setelah melalui proses sangrai.

sekian terima kasih jangan sungkan untuk komentar, kritik, saran dan kirim pesan pada kaveo.id, jangan lupa subscribe untuk mendapatkan info terbaru seputar dunia kopi ;), salam kopi spesialti.

sumber: mrcoffee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here