Mengenal Kopi Espresso (Panduan Dasar)

0
30
ekstraksi kopi espresso

Ketika kalian mendengar tentang espresso apa yang kalian bayangkan. Apakah seduhan yang sedikit atau rasa yang pahit.. atau mungkin anda akan membayangkan kopi espresso manis. Espresso memiliki banyak sekali penikmatnya.

Minuman ini ditemukan di Itali, dimana negara-negara di benua eropa terkadang menikmati kopi espresso dengan sepotong roti.

Trendsetter dalam dunia kopi espresso ini diantaranya ada Starbucks yang selalu mengembangkan dan melakukan inovasi produk espressonya sehingga menjadi pengaruh dalam industri kopi saat ini.

Es kopi yang merebaknya dikalangan remaja milenial dan kekinian. Itu juga satu dari pengaruh menu frappe dari perusahaan yang dirintis oleh Howard Schultz.

Beberapa usaha kopi mandiri memodifikasi seduhan ala Starbucks dengan menambahkan rasa-rasa, entah itu avocado (Alpukat), cokelat, matcha, vanilla, dan lain sebaginya.

Yang pastinya demi menarik minat remaja tentang kopi yang diseduh dengan metode espresso.

Selain itu kopi espresso merupakan pengembangan dari kopi Turkish menggunakan alat yang bernama ibrik.

Tidak seperti jenis minuman lain, kopi espresso diseduh dengan tekanan 9 bar atau 130 psi, menggunakan suhu air sekitar 90-95 dearajat celcius.

Menggunakan tingkat bubuk kopi yang halus, Dan dengan waktu seduh dibawah 30 detik.

Menikmati kopi espresso tidak hanya di pagi hari. Anda tetap bisa menikmatinya di sore hari ketika pulang dari tempat kerja atau saat malam hari ketika berkumpul dengan teman, rekan atau keluarga.

baca juga: Resep Seduh Aeropress Ala Sang Pencipta Alan Adler

Menyeduh kopi espresso

Para barista yang menyeduh espresso tidak sembarangan dalam memilih biji kopi yang datang dari rumah sangrai.

Para profesional yang bekerja dibalik meja bar ini benar-benar dengan cermat memilih biji kopi espresso.

Sehingga menjadi layak untuk disajikan oleh pelanggan.

Krema merupakan bagian dari hasil espresso yang sempurna di setiap shotnya.

Apa itu krema?

Krema merupakan lapisan buih tipis yang mengambang pada seduhan, inilah yang menjadikan espresso itu unik dibandingkan dengan seduhan kopi yang lainnya.

Krema merupakan salah satu variabel penilaian yang sangat penting dalam menyeduh espresso, dimana krema ini adalah emulsi dari minyak yang mengandung protein dan gula.

Bagi anda yang tidak terjun di dunia seduh-menyeduh kopi pastinaya akan bingung. Mungkin bertanya Kopi apa yang digunakan untuk membuat espresso?

Cara membuat kopi espresso, dimana kopi espresso disangrai dalam bentuk dark roast dengan campuran bisa menggunakan arabika-arabika atau arabika-robusta.

Untuk era saat ini espresso memiliki 2 jenis alat, Mesin dan Manual.

Yang mana mesin espresso menggunakan tenaga yang dihasilkan dengan listrik.

Teknologi yang mendukung espresso

Dahulu itu espresso pertama menggunakan tenaga uap pada tahun 1884.

Untuk mesin espresso saat ini sudah terdapat beberapa bagian yang jadi satu, seperti pemanas air, group head, porta filter, steamer, strainer, tombol otomatis dan lain sebagainya.

Merk-merk besar seperti Vitoria arduino, Gaggia, Simonelli, Slayer dan berbagai macam brand dengan teknologi canggihnya dalam membuat espresso.

Bahkan beberapa mesin espresso sudah dilengkapi dengan grinder sekaligus, karena beberapa mesin espresso memang menghadirkan karakter dari merk mesin itu sendiri.

Pembuat espresso manual diantaranya ada Rokpresso dan Flair, bahkan untuk tingkat kompatibilitas ada alat seperti Minipresso atau Staresso.

Bagi kalian yang ingin belajar dengan mode hemat cukup beli alat manual yang nilainya tidak sampai 3 juta kok gaes.

Dari segi biji kopi espresso sendiri merupakan salah satu jenis seduhan yang juga bisa meningkatkan branding sebuah kedai kopi dengan memproduksi biji kopi signature (yang khas).

Anda juga bisa membaca tentang kopi blend di artikel kami sebelumya.

Biji kopi untuk espresso yaitu ada yang percampuran kopi single origin biji kopi ini bisa anda temukan di seluruh Indonesia.

Kopi Indonesia yang cocok untuk espresso itu yang seperti apa?

jadi begini kopi Indonesia sudah memiliki standar dan kelayakan untuk kopi espresso, di mata dunia.

baca juga: Menikmati Kopi Dengan Cita Rasa Pahit ataupun yang Cita Rasa Asam

Dampak espresso untuk tubuh kita

Espresso shot cukup dibutuhkan bagi anda yang ingin berangkat bekerja tetapi ingin menambah asupan kafein.

Tidak hanya single shot beberapa double shot atau triple shot juga memberikan efek kejut. yang membuat diri anda terjaga dan terserang dari rasa kantuk.

Tidak perlu anda khawatir bagi anda yang belum pernah mencoba kopi espresso. Tidak seseram yang dibayangkan kok.

Mungkin perlu anda biasakan sehingga nantinya espresso menjadi minuman wajib setiap hari.

Kalau kata orang Jawa itu “Wiwiting tresna jalaran, saka kulina” yang artinya: Timbulnya cinta itu karena sudah terbiasa.. hehehe…

Rasa yang dihasilkan kopi espresso

Rasa kopi espresso merupakan berkarakter karena jenis minuman yang mengeluarkan rasa kompleks.

Dimana bubuk kopi halus dieskstraksi dengan mesin sehingga hasilnya menjadi lebih optimal.

Tetapi akan berbeda jika bubuk espresso digiring terlalu halus, sehingga menyebabkan overextracted. ketika diminum rasa kopi menjadi lebih pahit.

Selain itu kebalikannya jika bubuk kopi yang terlalu kasar maka bisa menyebabkan underextracted. ketika diminum rasa kopi akan menjadi lebih kecut.

Bisa kita simpulkan bahwa over-extracted dan under-extracted, menjadikan hasil seduhan kurang tepat.

Banyak penggemar kopi espresso yang sudah menikmati dengan tahap penilaian deskripsi rasa disetiap teguknya. Sama seperti dengan menikmati kopi pour over yang menghasilkan karakter asam buah-buahan yang segar.

Untuk deskripsi rasa jika anda ragu-ragu dalam menebak anda bisa bertanya dan sharing kepada barista.

Jika tertarik pada espresso apakah nanti akan banyak orang Indonesia yang suka sama minuman yang pembuatannya ditamping dahulu sebelum diseduh.

baca juga: Alat Seduh Kopi Untuk Pemula Vietnam Drip & French Press

Variasi seduhan dengan susu untuk espressokopi espresso

Variasi seduhan bisa berorientasi pada kuantitas espresso, selain itu juga bisa dibedakan mulai dari mini espresso atau yang biasa disebut dengan ristretto, atau double espresso yang disebut dengan Lungo.

Tidak hanya dalam satu cangkir espresso single shot saja.

Beberapa variasi espresso yang cukup hanya dengan menambahkan air.

Seperti Long Black atau Americano yang memiliki karakter seduhan sama tetapi memiliki penikmat yang berbeda.

Serupa tapi tak sama long black untuk mereka yang ingin mempertahankan crema dikarenakan yield (hasil seduh espresso) dituang terakhir.

Long black merupakan seduhan yang familiar di Australia dn New Zealand.

Tahukah kalian jika Americano memiliki salah satu seduhan yang memiliki cerita unik.

Dahulu kala pada saat perang dunia ke-2, tentara amerika yang saat itu berperang di daerah eropa dan mencoba untuk mengunjungi kedai kopi.

Lalu para prajurit dari negeri paman sam ini memesan secangkir kopi espresso. Dan mereka kaget karena tidak terbiasa dengan rasa dari espresso.

Akhirnya para pasukan ini meminta pemilik kedai untuk menambahkan air panas pada cangkir espresso mereka. Itu sebabnya lahirlah nama Americano.

Selain itu terdapat perbedaan antara espresso dan Americano. Dimana espresso memiliki rasa yang kuat dan Americano lebih ringan.

Dengan variasi penambahan susu espresso maka akan menjadikan seduhan lebih creamy.

Mungkin anda bisa menikmati cappuccino, café latte, flat white, Cortado atau mungkin yang ingin es krim juga bisa menikmati affogato.

baca juga: 6 Seduhan Untuk Penikmat Kopi Pemula

Bagaimana espresso nantinya menjadi populer dikalangan masyarkat modern

Latte art espresso
https://unsplash.com/photos/2z3MOB3kfJU

Espresso sudah menjadi bagian dari konsumsi warga prancis dan memiliki sebutan khas kopi susunya yaitu Café au lait.

Kadang saya menyebutnya café latte itu dengan sebutan kopi susu prancis, hehe.. tapi apakah rasanya sama dengan yang diseduh di Indonesia.

Kita tidak perlu dengan dunia perdagangan ekspor-impor bahan kopi untuk membuat espresso saat ini.

Informasi yang saat ini bergerak cepat. Kita bisa melihat dari media-media sosial bagaimana barista bule-bule youtube, instagram facebook membuat secangkir kopi susu.

Meskipun saya sendiri belum pernah ke Prancis, tapi banyak warga Indonesia sepakat bahwa rasa café latte, cappuccino atau moccacino tidak jauh berbeda.

Lagian di negara yang merdeka tahun 45 ini sudah banyak kok yang menjual mesin espresso dengan label SNI (Standar Nasional Indonesia) atau ISO (International Organization for Standardization). Penjelasanya mesin-mesin embuat makan atu minuman sudah disamakan standar internsionalnya.

Jadi sama hasil seduhannya, ya.. kali aja jangan sampai itu mesin espresso yang keluar yield espresso bukan jus jambu :):)

“Saat ini masih diperlukan banyaknya edukasi dan pengenalan terhadap kopi espresso.” -Kaveo

Jadi tidak hanya barista saja yang mendapatkan sertifikasi dalam menyeduh secangkir espresso.

Lebih daripada itu, dengan harapan barista profesional tetap menjaga keramah tamahan terhadap pengunjung kedai.

Potensi yang besar dan nantinya bisa memberikan pandangan yang lain selain seduhan kopi tubruk.

Bagaimana espresso bisa mempengaruhi perkopian modern. Teknologi juga memiliki peran penting dalam mengembangkan kopi yang digiling dengan ukuran bubuk kopi yang halus.

Espresso tidak terlepas dari grinder otomatis dan ada juga mesin yang otomatis, dengan memudahkan sang barista meracik dengan kuantitas yang sesuai dengan kebutuhan kedainya.

Tidak ada mesin yang sempurna, manusa tetapi menjadi control untuk meberikan kelayakan minum pada seduhan yang memiliki takaran kurang dari 30 ml ini.

baca juga: 12 Kesalahan Dalam Menyeduh Kopi

Trend di Masyarakat

Espresso juga menjadi ajang penting untuk menunjukkan beberapa skil dasar perlombaan, seperti membuat signature espresso. Signature espresso ini beda dengan signature blend yang disebutkan diatas tadi.

Selain itu latte art juga mejadikan kombinasi espresso dan susu menjunjung tinggi nilai estetika dari bentuk visual.

Para sosok-sosok yang mengharumkan nama bangsa seperti Muhammad Aga, atau Mikael jasin menjadi salah satu pioneer muda dari kalangan milenial.

Bagaimana dukungan mereka atau dedikasi mereka terhadap petani dan industri kopi di Indonesia, demi mendongkrak popularitas espresso.

Untuk mendapatkan espresso saat ini sangat mudah sekali. Jika anda berada di dekat perkotaan, karena kedai kopi sudah menjadikan espresso sebagai sajian utama.

Jika ada alternatif lain anda bisa mencoba mokapot atau aeropress karena mereka memiliki hasil akhir seduhan yang mirip.

Kadang saya juga berasumsi bahwa espresso merupakan minuman yang pantas dinobatkan menjadi minuman terenak di planet ini. Wkwkwk…

Tapi ya itu tergantung selera penikmatnya kan ya, kadang sebagai penikmat seduhan mungil ini saya sering untuk mengenalkan kepada teman saya.

Saya tutup artikel ini dengan tetap cinta minuman kopi Indonesia. Karena di nusantara ini banyak daerah luar biasa bagus dengan produksi kopi single originnya.

baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyeduh Manual Brew

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here