Home Kopi Biji Kopi Pengenalan Kopi House Blend

Pengenalan Kopi House Blend

0
8
Photo by Juan Pablo Serrano Arenas on Pexels.com

Di era saat ini industri kopi sangat berkembang pesat. Ilmu pengetahuan yang membahas tentang kopi juga berkembang dari tahun ke tahun, rumah sangrai pun juga ingin mengembangkan cita rasa yang kaya dan kompleks seperti halnya yang terdapat pada kopi House Blend (pencampuran kopi).

Pemberian nama Kopi house blend setelah kopi melalui proses sangrai. Penjelasan dan perbedaan antara kopi Single Origin dan House Blend Kopi:

Kopi Single Origin

merupakan kopi yang diberi nama berdasarkan asal daerah kopi tersebut.

Tidak hanya itu kopi single origin juga bisa ditentukan berdasarkan ketinggian dan daerah dimana kopi tersebut diproduksi tersebut.

Kopi single origin ditandai atau diberi nama tidak hanya berdasarkan nama Negara, bisa ditandai dengan diberi nama desa, pulau, atau wilayah yang lebih kecil lagi, contoh kopi single origin:

  • Kopi Bali Kintamani (Berarti kopi dari desa Kintamani, yang berada di Bali)
  • Kopi Kalosi (Berarti kopi dari desa Kalosi, yang berada di Sulawesi)
  • Kopi Ijen (Berarti Kopi dari Desa Ijen, yang berada di Jawa Timur)

Kopi House Blend

House Blend pada kopi merupakan istilah dalam dunia kopi yang artinya mencampurkan antara 2 jenis biji kopi single origin yang berbeda. Dicampurkan setelah kopi tersebut disangrai, untuk menghasilkan rasa yang berbeda dan rasa yang kuat.

Untuk house blend kopi bisa menjadi signature (ciri khas) tersendiri sebuah rumah sangrai atau kedai kopi

Hadirnya house blend kopi memberikan banyak alasan dari industri kopi. Yang nantinya akan dikomersilkan, mejadi salah satu strategi juga oleh roastery (rumah sangrai).

Tetapi saat ini kita bisa belum banyak tahu kedai kopi atau rumah sangrai kopi yang menyediakan kopi house blend.

Kopi house blend ini dipasarkan kepada penikmat kopi dengan nilai tambah untuk mencapai rasa yang kompleks.

Dalam hal ini juga kopi house blend menjadi salah satu permintaan pemilik kedai yang dibeli dari rumah sangrai sebagai varian kopi ciri khas.

Selain itu sebuah kedai pun mejadikan house blend kopi karena untuk kebutuhan tertentu.

Tidak ada standarisasi untuk house blend di dalam industri kopi. Dikarenakan beberapa kedai kopi menjadikan blend untuk seduhan kopi dengan ditambahkan susu, seperti: Café Latte, Cappucino, Flat White, Piccolo dan lain sebagainya.

Beberapa kedai kopi pasti memisahkan house blend kopi dengan kopi single origin, yang terletak di atas meja seduh barista. Supaya tidak membingunkan pengunjung kedai ketika memilih kopi single origin.

Sumber:

northstarroast.com

cartacoffee.com

coffeereview.com

greenfarmcoffee.co.uk

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here