Pengaruh Asam Pada Kopi dan Pengaruh Dalam Tubuh Kita

0
75
Makanan yang mengandung asam

Untuk seorang penikmat kopi pemula tidak perlu mengkhawatirkan atau menakutkan efek samping asam pada kopi.

Masih banyak dari masyarakat Indonesia berasumsi bahwa asam kopi bisa mengganggu kondisi tubuh, seperti sakit perut, mulas atau diare, hingga menyebabkan asam lambung menjadi naik.

Konsumsi kopi masyarakat Indonesia juga tergolong masih rendah dibanding dengan Negara-negara eropa. Itu sebabnya kopi bukanlah satu-satunya minuman yang bisa membuat kondisi tubuh seseorang terjaga.

Ada 2 istilah tentang asam yang berbeda makna diantaranya:

1. Acidity (keasaman)

Keasaman merupakan kata kerja yang menjelaskan tentang  catatan rasa pada kopi. Maka asam pada kopi itu tidak seperti dengan asam pada buah lain seperti jeruk atau tomat.

2. Acid (asam)

Dan jangan salah paham dengan istilah (asam) dengan sour (kecut). Asam tidak sama dengan kecut. Banyak dari masyarakat Indonesia salah kaprah dalam membedakan antara asam dan kecut. Kecut itu identik dengan rasa pada buah-buahan seperti, Jeruk, Tomat, Belimbing dan lain sebagainya.

Ukuran acid ditentukan oleh tingkat pH (Power of Hydrogen). Asam pada kopi memiliki tingkat sekitar 5 pH, dibawah tomat dan bir.

Tingkat pH Asam Pada kopi

Chlorogenic Acid (Asam klorogenik)

Formula Asam Klorogenik

Merupakan asam yang terkandung dalam biji kopi, dan asam ini masih terisolasi dalam keadaan kopi masih dalam kondisi green bean (biji hijau).

Asam ini ditemukan pada tahun 1932, chlorogenic acid (CGA) menjadi senyawa yang ada pada kopi dalam kondisi hijau dan akan berkurang ketika biji kopi sudah disangrai.1

Jumlah asam ini antara 5-10% pada biji kopi, dan juga kelebihan berupa antioksidan.

Asam klorogenik tidak hanya ditemukan pada kopi saja, asam ini juga terdapat pada buah, sayuran, minyak zitun dan minuman anggur.2

Quinic Acid (Asam Quinic)

Formula Asam Quinic

Asam quinic akan keluar jika kopi disangrai dalam kondisi gelap seperti, French Roast, Vienna Roast atau Italian Roast.3

Tidak semua kopi harus disangrai sampai gelap hanya untuk mengeluarkan quinic acid. Asam quinic juga menjadi pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang roaster (tukang sangrai).

Itu sebabnya meskipun kopi disangrai dalam tingkat yang gelap, maka masih tetap ada kandungan acid.

Manfaat dari Kandungan Asam Kopi Terhadap Tubuh

  • Antioksidan dan Anti-inflamasi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengontrol tingkat gula darah
  • Membantu mengurangi berat badan
  • Meningkatkan mood dan fungsi kognitif
  • Membantu melawan infeksi bakteri4

Beberapa faktor asam kopi yang bisa mempengaruhi tubuh

Minum kopi dalam keadaan perut kosong

Beberapa kebiasaan seseorang minum kopi dalam keadaan perut kosong, Menjadi faktor yang kurang dibenarkan.

Kondisi badan yang kurang baik, bisa menjadikan  kopi tidak nyaman di perut. Dan ini tidak akan anda biarkan terjadi saat berangkat bekerja.

Saat pagi sebelum beraktivitas paling tidak harus sarapan, kemudian bisa langsung menikmati secangkir kopi. Makanan juga bisa mengurangi kadar kafein di dalam tubuh.

Berlebihan dalam mengonsumsi kopi

Kopi juga juga bisa lho mengganggu kondisi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti bisa menyebabkan insomnia.

Makan masakan yang memiliki rasa tajam setelah minum kopi

Disini kita menyinggung kebiasaan orang Indonesia dalam minum kopi. Kopi juga akan bereaksi terhadap kandungan makanan lain.

Minum kopi setelah makan-makanan tajam seperti, Sambal dengan banyak cabai, bumbu yang kental seperti rendang dan jenis makanan lain, bisa menyebabkan tidak nyaman di perut.

Untuk menetralisir lambung minumlah air putih sebelum minum kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here