Menikmati Kopi Untuk Pemula

0
62
orang mencicipi kopi

Tidak membedakan atau membandingkan dengan penikmat kopi lain, bahkan penikmat kopi kopi sejati yang bijak pun akan menikmati kopi seperti halnya pemula. Karena banyak sekali biji kopi daerah tertentu yang belum dicoba. Ya karena ratusan jenis biji kopi mungkin bisa kita temui di Indonesia.

1. Dengan gula atau pemanis tambahan

Bagi kebanyakan orang Indonesia jenis kopi robusta akan selalu nikmat dengan ditambahkan gula. Selera ini berkaitan dengan pola makan dari orang Indonesia yang masih menambahkan gula hingga terasa manis dari beberapa makanan.

Kopi tubruk

kopi tubruk

Kopi tubruk kita tahu bahwa ini cara lama dalam menyeduh kopi, kalau generasi sekarang bilang old school hehehe.. benar dong. Tidak sedikit dari kedai kopi yang sudah memiliki branding melayani seduhan kopi dengan cara tubruk.

Cara membuat kopi tubruk memang cara termudah yang bisa dilakukan setiap orang di rumah, menikmati kopi tubruk bagi penggila kopi selalu dilakukan hampir setiap hari. Bahkan dijadikan sajian untuk melengkapi aktivitas sepanjang hari.

Vietnam drip

Minum kopi yang khas dari negara Vietnam ini bisa menggunakan pemanis tambahan seperti kental manis. Kebanyakan di kedai kopi menyajikan seduhan ini dengan jenis kopi robusta. Di Indonesia sudah banyak kok yang menyajikan jenis seduhan ini. Jadi kalian tidak usah jauh-jauh ke Vietnam sana.

Es kopi susu

Menikmati jenis minuman yang saat ini viral di berbagai media sosial, bisa menjadi permulaan yang bagus. Dengan kopi yang ditambahkan susu uht dan kental manis akan tambah segar jika ditambahkan es. Apa lagi diminum pas siang bolong.. uuh.. rasanya es kopi yang adem melewati kerongkongan kita. Hehee..

“Kopi sudah memiliki kandungan gula, tetapi menambahkan kopi merupakan hak peminumnya”-Kaveo

Baca juga: Mengenal Kopi Murni yang Ada di Indonesia

2. Menikmati kopi tanpa gula

Tenang aja minum kopi tanpa gula tidak menyeramkan seperti yang Anda bayangkan. Teknologi dalam industri kopi sudah berkembang pesat. Kopi menghadirkan rasa seperti sensasi minum teh, tidak memiliki rasa yang pekat dan kuat ketika air seduhan kopi menyentuh mulut.

Pour Over V60

Menyeduh kopi V60

Anda bisa menikmati seduhan kopi dengan menggunakan alat kopi V60 entah itu ditambahkan es atau tidak, tetap terasa istimewa.

Alat yang dulu ditemukan di Jerman ini, kini menjadi tren yang sangat populer di industri kopi spesialti. Dengan memisahkan antara hasil seduhan dengan ampas kopinya. Metode pour over V60 memberikan rasa yang ringan pada kopi, jernih tanpa mengurangi rasa asam yang khas dari biji kopi.

French press

Alat ini berbentuk gelas yang memiliki batang penahan ampas kopi, Anda bisa menggunakan biji kopi robusta atau arabika dengan ukuran bubuk kopi yang kasar.

Anda juga bisa membagi kopi yang sudah diseduh dan menikmati kopi bersama rekan, sahabat, saudara, orang tua dan yang lain. Karena satu alat French press bisa menampung kurang lebih 350 ml. ya kalau Anda kuat boleh diminum sendiri. Apa gk kasihan lihat yang lain ngiler kepingin hehe..

Tenang aja meskipun tanpa gula tetap nikmat kok minum kopi dengan diseduh menggunakan French press.

Café latte

Nah ini ada seduhan yang saya rekomendasikan untuk minum kopi susu seperti orang eropa, susu yang digunakan menggunakan susu jenis fresh milk atau susu pasteurisasi. Tapi seduhan ini jarang dibuat ketika kita berada di rumah, alat untuk membuat secangkir café latte cukup kompleks.

Anda membutuhkan pembuat espresso entah itu manual atau mesin, pembuih susu atau frother. Membuat espresso dengan alat manual juga membutuhkan keterampilan khusus membuat kopi espresso.

Baca juga: Alat Seduh Kopi Untuk Pemula Vietnam Drip & French Press

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here