Menikmati Kopi Dengan Cita Rasa Pahit atau yang Cita Rasa Asam

0
29
minum kopi
Photo by Burst on Pexels.com

Kopi Dengan Rasa Pahit

Kopi dengan rasa pahit atau istilah di dunia kopi bittersweet tetap bisa dinikmati.

Kopi dengan cita rasa yang pahit dan kuat identik dengan kopi Robusta karena karakter kopi itu sendiri.

Banyak orang Indonesia sebelum mengenal kopi spesialti, menyebut kopi robusta tubruk adalah pahit sedangkan masih juga ditambahkan gula. kopi robusta dengan cara seduh tubruk lebih tepatnya disebut dengan karakter strong dengan body yang sangat berat.

Kopi dengan karakter rasa yang pahit bisa juga dinikmati dengan ditambahkan susu kental manis.

Tidak hanya robusta, kopi arabika-pun juga ada yang memiliki cita rasa yang pahit entah itu dari jenis dan karakter kopi itu sendiri, atau dari proses dengan level Gelap/Dark Roast/ItalianRoast memungkinkan kopi memiliki cita rasa yang Pahit. sehingga ada beberapa faktor yang harus diperhatikan apa yang bisa memunculkan rasa pahit pada kopi.

Bahkan saat ini di dunia internasional sudah ada banyak roastery yang hanya memproduksi kopi dengan rasa pahit dengan tingkat sangrai dark roast.

Tetapi jika anda tidak suka kopi dengan cita rasa pahit dan tidak ada pilihan lagi maka anda bisa menambahkan susu kental manis atau krimer. karena memang tidak semua orang bisa menikmati kopi tanpa rasa manis.

“Meskipun pahit kopi tetaplah jujur”

-Kaveo

Kopi Dengan Rasa Asam

Masih banyak orang yang belum memahami tentang kopi dengan cita rasa asam. kopi dengan cita rasa asam identik dengan rasa buah-buahan, seperti apel, berri, cokelat, jeruk, kiwi dan lain sebagainya.

Kopi dengan kopi yang memiliki catatan rasa buah bukan karena dicampur dengan buah-buahan. tetapi karena kandungan alami yang terdapat pada kopi itu sendiri. Ada beberapa yang saya dapat dari pegiat kopi nusantara bahwa kopi yang memiliki rasa buah-buahan disebabkan oleh penyerapan kandungan buah yang ditanam di sekitar pohon kopi.

Saat ini masih saya temui 2 poin  yang menyebabkan kopi dengan rasa asam

  1. Kopi arabika dengan tingkat roasting light, light to medium, medium
  2. Kopi dengan cita rasa Citrus atau Lime contoh: Bali Kintamani

Tidak hanya sampai disitu saja, metode seduh sang barista juga mempengaruhi apakah kopi yang akan diseduh karakter rasa asamnya akan diperkuat atau tidak. ada beberapa penyeduh tidak suka terlalu asam sehingga menyeimbangkan kopi sehingga tidak terlalu asam dan tidak sampai mengeluarkan bitter.

Anda bisa menikmati kopi dengan cita rasa asam dengan seduhan V60, Chemex, Aeropress, Frenchpress, moka pot, atau espresso.

yang manapun selera Anda entah itu pahit atau asam tidak akan menjadi masalah, karena selera tidak dapat diperdebatkan seperti kutipan di sebuah sampul buku 😉

Terima kasih untuk para pembaca Kaveo.id semoga bermanfaat jika ada yang kurang silahkan beri kritik dan saran di kolom komentar atau kirim ke surel.

Salam kopi spesialti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here