Mengenali 7 Jenis Defect Pada Kopi

0
170

Defect yang berarti Cacat dalam terjemahan bahasa inggris, defect yang terjadi pada biji kopi diketahui sebelum kopi akan diroasting, sehingga melalui proses sortasi terlebih dahulu pada green beans sebelum masuk mesin roasting, mari kita mengenali 7 jenis defect pada kopi

1. Full Black

Ini adalah yang menimbulkan seluruh atau sebagian biji kopi itu bewarna hitam. Jika seluruh kopi berwana hitam maka bisa dianggap Primary Defect.

Faktor yang menyebabkan ini terjadi antara lain adalah micro-organism.

Efek yang ditimbulkan rasa yang asam, rasa yang kurang dapat dinikmati, serta pahit.

2. Foul Sour

Defect yang terjadi karena factor microbal, ciri dari biji yang dapat dilihat secara visual adalah adanya bintik hitam pada biji kopi. jika Foul Sour tercampur dalam proses roasting maka akan mempengaruhi terhadap biji kopi lainnya yang akan mempengaruhi tingkat keasaman biji kopi lainnya.

3. Fungus Damage

Merupakan defect yang kebanyakan terjadi karena fungsi dari Aspergillus, Penecillium genus yang menyerang biji kopi, hal ini terjadi karena faktor temperatur udara dan juga kelembapan daerah dimana biji kopi itu tumbuh. dalam kasus iniĀ  lebih banyak disebabkan faktor alam

4. Foreign Matter

Defect kebanyakan terjadi karena benda asing yang bukan bagian dari biji kopi dan juga tanamannya. Semisal kayu, batu dan benda lainnya.

5. Dried Cherry

Defect Dried Cherry adalah buah kopi yang tidak sukses dalam proses sorting dan hulling kopi itu sendiri, kebanyakan buah ceri yang kering ini akan bisa mudah terlihat dalam proses sorting sebelum atau sesudah kopi itu diroasting.

6. Severe Insect Damage

Defect ini adalah kerusakan yang disebabkan oleh hama yang menyerang biji kopi itu sendiri, dan green beans yang terserang hama ini akan mengalami seperti kerusakan atau busuk di bagian bijinya.

7. Broken

Adalah kerusakan biji yang terjadi karena adanya proses alami atau juga proses yang disebabkan oleh kesalahan dari manusia di dalam proses pengeringan serta adanya benturan yang terlalu keras antara green beans dan mesin

Sumber: Coffee Ngalam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here