Mengenal 3 Varietas Kopi yang Populer

Photo by Livier Garcia on Pexels.com

Jangan bingung ya gaes dengan istilah varietas… heheee.. lebih gampangnya varietas itu adalah keturunan(jika pada manusia) spesies kopi yang berbagai macam, nah ada beberapa varietas populer yang terdapat di dunia nih guys, di beberapa sumber yang saya baca varietas yang dibahas di sini merupakan jenis varietas dari kopi arabika. Berbeda varietas juga akan membuat kualitas rasa menjadi berbeda.

Untuk penikmat kopi gelombang ke-3 yang memahami kopi spesialti sangat memperhatikan perbedaan varietas pada kopi. Tidak hanya sebatas mengetahui bahwa kopi ini adalah kopi single origin(kopi yang memiliki ciri khas dari daerah asal kopi tersebut ditanam).

1. Lini S 795

Jenis ini dikembangkan di India, varietas jenis ini merupakan varietas yang tahan terhadap karat daun, dan mulai menyebar luar ke di India dan Indonesia.

2. Caturra

Ditemukan di Brazil pada tahun 1937. Jenis Varietas ini menghasilkan cukup banyak, dan diketahui bahwa jenis ini adalah yang menguasai kawasan Brazil. Varietas jenis ini ternyata juga cukup populer di Kolombia dan Amerika Tengah. Kualitasnya saat di cupping ternyata enak dan kualitasnya naik karena pengaruh pada ketinggian tetapi hasilnya menurun. Ada dua jenis dari Varietas ini yaitu Merah dan Kuning dan menjadi varietas dengan pohon yang pendek dan sebagai acuan pohon dengan kategori cebol atau semi-cebol, dan terkenal karena lebih mudah diambil menggunakan tangan. Di Indonesia karena ditanam di tanah yang mengandung unsur vulkanis dikawasan flores, maka pada varietas ini juga memiliki rasa yang khas. Di beberapa artikel daring menyebutkan bahwa caturra merupakan varietas langka.

3. Gesha atau Geisha

Masih menjadi perdebatan mengenai penamaan jenis varietas ini apakah Gesha atau Geisha. Yang banyak digunakan adalah ‘Geisha’. Tetapi Gesha adalah nama kota yang ada di Ethiopia barat, ketika varietasnya dibawa dari Costa Rica ke Panama, dan diyakini bahwa itui single origin dari Ethiopia.

Varietas ini sudah melalui pertimbangan bahwa jenis varietas ini sangat memiliki aroma khas seperti bunga, karena ada beberapa permintaan maka harga terus meningkat di setiap tahunnya.

Varietas geisha menjadi terkenal sejak tahun 2004 ketika pertanian Panama, Hacienda La Esmeralda, mengikuti kompetisi dengan banyak Geisha. Kopi jenis ini terbukti tidak seperti pada umumnya dan berbeda dan mendapatkan tawaran yang luar biasa tinggi $21/1lb (atau jika dikonversi ke satuan di Indonesia sama dengan Rp.416.993 @kg, pada tahun 2004). Rekor ini akhirnya kalah pada tahun 2006 dan 2007 yang mencapai $130/lb (Indonesia sama dengan Rp.2.581.390 @kg, pada tahun 2004). Maka sejak itu kawasan Amerika tengah dan selatan menanam varietas jenis ini.

nb: Varietas itu berbeda dengan varietal ya gaes, varietal itu adalah keturunan yang lebih spesifik dari varietas

src: The World Atlas of Coffee Book

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan