Cara Memilih Biji Kopi yang Bagus Untuk Diseduh

0
47
Toko Kopi
Photo by Juan Pablo Serrano Arenas on Pexels.com

Banyaknya tentang informasi dan edukasi di dunia kopi. Entah itu di dunia maya atau literature berupa buku, yang menjadikan konsumen lebih cerdas sehingga memiliki cara memilih biji kopi yang bagus.

Beberapa orang memiliki penilaian yang berbeda-beda ketika membeli biji kopi. Tidak hanya hasil seduhannya saja, tetapi spesifikasi juga menjadi sebuah pertimbangan tersendiri untuk memilih kopi yang baik.

Memilih biji kopi yang bagus berdasarkan kondisi biji kopi

Dalam memilih kopi yang baik, memeriksa kondisi biji kopi yang telah disangrai merupakan langkah penting. Kopi yang rusak, cacat atau defect masih bisa ditoleransi jika kisaran tidak lebih dari 15% dari bobot biji kopi keseluruhan. Biji yang rusak pada umumnya yaitu: pecah, quaker, kopong, atau biji yang sangat kecil.

Perhatikan bagaimana kedai kopi atau rumah sangrai menyimpan biji kopinya

Kedai kopi atau rumah sangrai, mengetahui hal dasar bagaimana menyimpan biji kopi yang baik dan benar. Sifat kopi diantaranya yaitu: kopi memiliki kemampuan menyerap bau benda lain disekitarnya.

Jika langkah ini tidak diperhatikan maka kesegaran pada biji kopi juga akan berkurang.

Tidak hanya itu tempat yang bersih, tidak lembab, tidak banyak debu yang masuk disekitaran kopi disimpan dan dipajang, dengan sirkulasi udara yang baik mendukung kopi terjaga dengan baik.

Perhatikan juga kemasan yang digunakan

Kemasan dalam kondisi baik juga cara dalam memilih kopi yang baik, kemasan tidak rusak entah itu sobek atau belubang. Fungsi dari kemasan juga salah satunya adalah menjaga biji kopi.

Selain itu bahan atau material yang digunakan kemasan juga harus memiliki tingkatan food grade (standar material yang digunakan untuk makanan).

Kemasan yang baik juga akan menjaga kesegaran rasa dan aroma pada biji kopi. Perlu juga diperhatikan di era kopi spesialti kopi dalam keadaan bubuk lebih cepat hilang aromanya daripada dalam bentuk biji kopi.

Kemasan yang baik juga akan menjaga udara dari luar, sehingga kopi dalam bentuk bubuk pun juga bisa menahan aroma lebih lama.

Spesifikasi yang dicantumkan pada kemasan

Keterangan yang tercantum dalam kemasan kopi, menjadikan kita tahu proses yang baik mengenai biji kopi. Beberapa spesifikasi yang perlu anda perhatikan diantaranya: Roast Date (tanggal sangrai), Proses Cuci, Jenis Kopi, Roast Level. Beberapa kopi murni memang tidak memiliki tanggal kedaluarsa.

Roast Date, semakin jauh kopi dengan tanggal sangrai maka akan berkurang kadar kesegarannya.

Proses cuci, jangan sampai rasa yang dihasilkan keliru dari proses cuci, seperti contoh: proses cuci pada kemasan memiliki keterangan Full Wash, tapi ternyata rasanya seperti proses Wine atau Honey.

Jenis Kopi, mengenali beberapa jenis kopi juga sangat penting jika kita tidak tahu maka harapan rasa yang dinginkan juga akan berbeda, seperti anda mencoba jenis kopi arabika tetapi kenapa rasa yang dihasilkan seperti kopi robusta.

Roast Level, mengetahui seberapa gelap kopi disangrai. Jika anda ingin kopi arabika yang tidak terlalu kuat maka disarankan untuk memilih kopi yang tidak terlalu disangrai gelap dengan tingkatan (Light to medium atau medium)

Ijin produksi perusahaan

Di era perindustrian saat ini, pemerintah semakin ketat dalam memperhatikan legalitas usaha kecil maupun besar. Demi terciptanya keamanan produk makanan ataupun minuman yang beredar di masyarakat, termasuk dalam produk kopi itu sendiri, buka yang utama tapi ini penting dalam cara memilih biji kopi yang bagus.

Kebutuhan Kafein yang akan dikonsumsi

Mengetahui sebarapa banyak konsumsi kafein kita sehari-hari sangatlah penting. Langkah ini juga menjadi salah satu faktor memilih kopi yang baik. Jangan sampai ketika seseorang menikmati kopi, orang tersebut merasa telah mengonsumsi kafein terlalu banyak pada kopi yang diminum. Pada hal ketika seseorang meminum kopi sehari-hari tidak sekuat itu kafein yang dikonsumsinya.

Hal ini terjadi karena seseorang yang membeli kopi tidak mengetahui seberapa banyak kandungan kafein yang dikonsumsi. Beberapa hal dasar memilih kopi yang baik yaitu dengan mengetahui seberapa banyak konsumsi zat yang bisa menjaga kita dari kantuk.

Jenis kopi memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda. Kopi robusta memiliki kandungan 2x lipat lebih banyak dari kopi Arabika, dan faktor lain yaitu biji kopi yang disangrai dengan kondisi masih berwarna cerah (Light atau light to medium) masih mengandung kafein yang banyak. Karena jika kopi disangrai dalam keadaan hingga gelap maka kandungan kafein akan semakin berkurang.

baca juga: Apa yang Dimaksud Dengan Craft Coffee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here