Membuka Kedai Kopi “Menyiapkan Peralatan” bag. 2 dari 4

0
24
kedai kopi
Photo by Igor Starkov on Pexels.com

Untuk peralatan tidak dihitung dengan properti seperti tempat & gedung. Artikel ini diasumsikan dengan seseorang yang sudah memiliki tempat atau lahan. Jika tidak memiliki lahan anda bisa bekerjasama dengan kerabat atau saudara, atau jika anda memiliki rumah sendiri dan memiliki tempat yang cukup luas bisa dimanfaatkan untuk membuat kedai kopi.

Daftar ini juga tanpa alat pembuat kudapan, kudapan yang mendadak dimasak ditiadakan pada menu. Maksudnya adalah kudapan atau jajanan yang mendadak digoreng atau direbus membutuhkan seperti wajan, spatula, capit, minyak goreng, tidak dicantumkan di daftar bahan dibawah ini. tapi jika anda mau menyiapkan bisa untuk berjaga-jaga ini akan menjadi nilai tambah.

1. Alat seduh filter & press

alat seduh kopi
Photo by Suea Sivilaisith on Unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pertama membuka kedai kopi, anda sudah menguasai beberapa menu seduhan dan tekniknya. Untuk masalah megoperasikan beberapa alat, anda juga tidak perlu bingung untuk mencari informasi dan tutorial secara daring, sebut saja Google university.

  1. Grinder (Pengiring)
  2. Alat seduh manual
  3. Ketel
  4. Server
  5. Termometer

Grinder, Memilih grinder merupakan investasi jangka panjang untuk sebuah kedai kopi, grinder lebih banyak bekerja dibanding dengan alat yang lain. Alat yang berfungsi untuk menghaluskan biji kopi ini akan bekerja lebih sering daripada alat penyeduh kopi yang lain. sehingga alat ini pun juga membutuhkan perawatan yang ekstra.

Alat seduh manual, sebuah kedai kopi menyediakan alat seduh yang secara umum. Beberapa alat seduh manual diantaranya: Vietnam Drip, Pour over V60, Kalita Flat Bottom, Kalita Wave, Chemex, Clever Driper, Mokapot, French Press. Anda bisa memilih semua atau menggunakan beberapa alat seduh, Yang pastinya sesuai dengan kapasitas kemampuan penyeduh.

Ketel, Berfungsi untuk menampung dan menuang air yang sudah direbus. Ketel untuk menyeduh kopi manual memiliki ciri khas leher yang kecil, supaya aliran air bisa konsisten dan mudah dikendalikan.

Server, Seduhan kopi akan ditampung di server ada 2 kategori server yang pertama server untuk menyeduh barista, paling tidak anda bisa menyediakan minimal 3 server ukuran 350-600 ml. Yang kedua server untuk pelanggan dengan ukuran 350 ml jumlah server 2 kali lipat jumlah meja.

Termometer, Barang kecil ini tidak boleh dilupakan untuk kedai kopi entah itu besar ataupun kecil, termometer berguna untuk mengetahui suhu air panas untuk menyeduh kopi. Jumlah yang disarankan minimal 2 buah.

Espresso Base

Pembuat espresso mesin/manual, Untuk membuat seduhan milk base anda memerlukan mesin espresso, beberapa menu seperti café latte, cappuccino, mochacino, dan lainnya memerlukan alat ini.

Beberapa alat sudah dilengkapi dengan steamer (penguap), fungsi dari steamer ini untuk memanaskan dan membuat foam (Buih) susu, sehingga bisa membuat latte art. Untuk manual espresso fungsinya tentu sama, kelebihannya anda tidak perlu memakai listrik dalam mengoperasikan alat ini.

Milk Jug, Bentuknya seperti cangkir tetapi memiliki desain yang berfungsi untuk menuangkan dan menggambar latte art. Memakainya dengan menggunakan susu yang sudah di steam.

Baca juga:  Alat Seduh Kopi Untuk Pemula French Pres & Vietnam Drip

2. Gelas, Lepek, Sendok

Gelas, anda akan membutuhkan paling tidak minimal 3 macam gelas atau cangkir – Gelas umum kapasitas 150-250 ml, gelas es kapasitas 250-350 ml, cangkir latte kapasitas 250 ml. Untuk perkiraan jumlahnya disesuaikan saja dengan jumlah meja pelanggan lalu kalikan jumlah meja.

Penghitungannya:

1 Meja untuk 3 gelas umum, 3 gelas es, 3 cangkir latte.

Jadi jika terdapat 7 meja pelanggan maka kalikan dengan 7, 7 x 9 = 63

Nb: Untuk jumlah gelas diluar gelas cadangan jika terjadi pecah atau rusak tidak dihitung.

  • Lepek & Sendok, jumlahnya mengikuti jumlah gelas.
  • Sedotan, jumlahnya Sesuai dengan jumlah gelas es.

3. Meja bar

Meja bar kedai kopi
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Rak, Berfungsi untuk menyimpan gelas, lepek dan sendok, selain itu juga untuk meniriskan alat-alat yang telah selesai dicuci.

Toples, Paling tidak bisa berfungsi untuk menyimpan lebih dari 4 jenis bahan. fungsi yang paling utama untuk menyimpan biji kopi, teh, bubuk rasa-rasa, gula, krimer. Bisa dikatakan untuk stok toples anda bisa menyediakan minimal 16 toples dengan ukuran yang bisa menampung bahan minimal 250 gr.

Tentunya nanti anda akan menyisakan beberapa toples yang kosong untuk bahan cadangan atau sisa yang tidak habis. Itu tidak masalah.

Contoh:

5 Jenis kopi, 3 Jenis teh, 3 Jenis Rasa-rasa, 1 Gula, 1 Krimer.

Untuk tips tambahan toples yang dipajang di kedai kopi letakkan di meja bar dan jangan lupa untuk memilih toples kopi dengan desain yang menarik.

Baca juga:  4 Ukuran Penting Dalam Meracik Kopi

4. Perabot pelanggan

alat dan meja kursi kedai kopi
Photo by Suea Sivilaisith on Unsplash

Meja Pelanggan, jumlahnya harus anda hitung benar sesuai dengan kapasitas luas kedai, untuk meja yang digunakan 4 orang anda bisa membuat meja dengan luas minimal permukaan sekitar 70 x 70 cm, dengan tinggi 80 cm.

Supaya lebih murah anda bisa membuat sendiri dengan membeli kayu per-balok, yang paling umum digunakan adalah kayu jati belanda, karena harganya murah dan cukup kuat.

Kursi, Terdapat 2 jenis kursi pertama kursi yang berpasangan dengan meja pelanggan. Kursi untuk meja pelanggan menyesuaikan dengan ukuran meja dan kondisi fisik orang lokal sehingga nyaman. Kedua kursi untuk di meja bar jenis kursi di meja bar identik dengan ukurannya yang tinggi. Yang pasti desainnya menyesuaikan dengan ukuran tinggi meja bar.

5. Tempat untuk mencuci

Wastafel, penting memiliki was tafel yang kokoh, karena suatu saat bisa menjadi monster di sebuah kedai. Beberapa permasalahan seperti bocor, kaki meja goyah, kran patah dan lain sebagainya. Untuk era kopi spesialti usahakan memiliki 2 bak wastafel.

Yang satu untuk mencuci kopi dan yang satunya untuk mencuci bahan non-kopi. karena bahan yang khusus kopi supaya tidak tercampur dengan noda bahan lain.

Rak pengering, Selesai mencuci kondisi gelas, lepek, sendok dan alat kopi yang masih basah bisa diletakkan di rak pengering ini dulu, yang kemudian dipindah lagi di tempat menyimpan.

Baca juga:  5 Perbedaan Café dan Coffee Shop di Indonesia

Penghitungan yang sudah dijelaskan ini untuk pemula yang baru membuka kedai kopi dengan skala kecil, yah mungkin bisa mengusung konsep artisan coffeeshop, untuk konsep akan dijelaskan pada bagian terakhir di postingan lain.

Untuk membeli beberapa peralatan anda bisa memulai mencicil sesuai dengan urutan. Tidak harus beli langsung semuanya, tapi ya gakpapa sih beli langsung semuanya asalkan modalnya siap ya.. hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here