Langkah-langkah Dalam Membuka Kedai Kopi bagian 2 dari 4

0
5
alat kopi

Bagian ke-2 Perlengkapan

Pada bagian pertama kita sudah membahas tentang Menu yang akan kita sajikan pada kedai kopi kita. Tahap selanjutnya kita akan membahas perlengkapan yang dibutuhkan untuk kedai kopi.

anda bisa membaca kembali untuk tahap pertama.

⇒ Langkah-langkah Dalam Membuka Kedai Kopi bagian 1 dari 4

1. Tempat

Anda harus memiliki tempat yang memungkinkan untuk membuka sebuah kedai kopi.

Anda tidak mungkin membuka kedai kopi hanya dengan membuat sebuah tenda dipinggir jalan. Akan terjadi banyak gangguan entah itu dari petugas setempat, preman, tempat yang kotor dan lain sebagainya.

Anda harus memilih lokasi lahan yang cukup strategis supaya kedai kopi anda mudah dijangkau oleh semua orang.

tidak mungkin anda membuka sebuah kedai yang bertempat di sebuah lorong perkampungan yang sempit dan padat penduduk, anda juga tidak ingin membuka kedai kopi yang terlalu jauh dari pemukiman, seperti di hutan yang nantinya akan ada banyak hal mengganggu juga disana.

Pilihlah tempat yang ramai banyak dilalui orang. Kedai kopi haruslah mudah dijangkau, karena ada beberapa konsumen yang ingin minum kopi di pagi hari sebelum mereka berangkat bekerja, pastinya konsumen seperti ini tidak ingin mencari kedai kopi yang sulit dijangkau dari rumah menuju tempat kerjanya.

Tips: Jika lahan luas maka sisakan untuk tempat parker

Pembiayaan: Jangan lupa untuk merinci berapa biaya sewa tempat yang anda gunakan untuk menjalankan bisnis kedai kopi.

Atau anda harus merencanakan antara membangun sendiri atau menyewa sebuah tempat, banyak kedai kopi di kota Malang menggunakan RUKO untuk mengawali.

 

2. Peralatan

Anda harus memiliki sesuai dengan standar seduh sebuah kedai kopi, banyak sekali di toko-toko online atau took konvensional yang menjual alat-alat kopi, beberapa alat yang anda butuhkan adalah:

  1. Pengiring Kopi (Grinder)

Pengiring kopi di kedai kopi

Pengiring kopi merupakan alat utama sebuah kedai dengan menyajikan kopi spesialti, berfungsi untuk menjadikan biji kopi menjadi halus.

Pengetahuan mendasar tentang sebuah kopi salah satunya adalah kopi akan tetap segar jika tersimpan dalam bentuk biji bukan bubuk.

Karena berbeda alat dan metode seduh. maka, akan berbeda pula tingkat halus dan kasarnya bubuk kopi.

⇒ Mengenal Fungsi Utama Pengiring Kopi (Grinder)

  1. Alat seduh manual

Perlengkapan awal untuk membuka kedai dengan seduhan kopi diantaranya Kettle, Termometer, Server, dripper V60, Flat Bottom, Vietnam Dripper, Frenchpres, Aeropress, Mokapot masih banyak lagi.

Disini saya tidak mencantumkan mesin espresso! karena selain harganya tidak murah, tidak semua orang mampu untuk menguasai alat espresso di saat memulai untuk membuka kedai.

Membangun sebuah kedai kopi spesialti, menurut opini saya lebih bijak jika kita menguasai alat seduh manual terlebih dahulu.

Ketika kedai kopi sudah beroperasi dan pemasukan mulai meningkat. sembari menguasai alat seduh manual, kita bisa mengumpulkan uang untuk pembelian mesin kopi lainnya, seperti mesin espresso atau menambah pengiring kopi.

  1. Perlengkapan dapur

Perlengkapan dapur seperti cangkir, garpu, sendok, pisau, saucer (lepek), sedotan, toples dan lain sebagainya jika memang anda benar-benar memiliki keinginan keras dalam membangun sebuah kedai kopi, anda akan otomatis tahu lebih cepat alat-alat apa saja yang akan dibutuhkan untuk sebuah kedai.

Jika ada peralatan yang kurang anda akan tahu dengan sendirinya saat kedai sudah mulai beroperasi.

Pembiayaan: Anda juga harus menyisihkan pemasukan untuk alat seduh kopi atau peralatan masak.

Karena kita tidak tahu alat apa yang nantinya bakal habis atau rusak, pecah atau terbakar dan belum lagi kalau ada peralatan yang hilang.

3. Fasilitas

Selain itu anda yang akan memulai dalam membuka sebuah kedai anda akan membutuhkan WIFI, toilet dan tempat parkir, jangan sampai anda mendapati konsumen yang menahan kencingnya dari awal hingga setelah selesai menikmati kopi.

Tidak sedikit pengunjung menanyakan

  • “Mas, apakah ada wifinya disini?”
  • “Mas, boleh numpang ke Toilet?”

Tempat parkir kedai kopi yang anda di Indonesia salah satu fasilitas yang harus diperhatikan.

Karena hampir 90% dari masyarakat Indonesia mengendarai sepeda motor untuk perjalanan sehari-hari.

Berikan ruang di tempat parkir minimal 5-10 sepeda motor, kedai kopi yang bisa menampung 16 orang

4. Ruangan

Ruangan sebuah kedai dengan varian kopi dari berbagai daerah alangkah baiknya memiliki konsep.

Membuat kagum mata pengunjung. Mulai dari awal pintu masuk hingga pengunjung duduk, sambil menunggu pesan yang datang.

Semua pemilik kedai selalu tertarik menentukan tata letak atau desain sebuah ruangan kedai kopi. Memilih tempat duduk yang nyaman, membuat meja pelanggan yang nyaman, properti yang diletakkan di sudut ruangan. dan lain sebagainya.

memilih warna yang cocok dengan selera pemilik kedai dan sebagainya.

Jangan pernah takut untuk memilih warna untuk kedai kopi anda.

Jika anda ragu-ragu dalam pemilihan warna, anda bisa menggunakan kombinasi warna-warna netral seperti, Putih, hitam, cokelat, abu-abu.

Anda juga membutuhkan sebuah papan yang berisi menu-menu minuman dan kue, dimana papan menu tersebut berfungsi untuk pengunjung dalam memilih minuman atau makanan yang akan dipesan.

Sediakan juga ruangan ber AC atau ruangan untuk merokok.

Udara dalam sebuah kedai harus diperhatikan karena seduhan kopi tidak akan maksimal jika terdapat polusi di sekitar meja barista.

Pembiayaan: Anda akan mengeluarkan biaya cukup banyak jika ada ruangan yang bermasalah, seperti tembok pecah, tembok lembab, mengecat warna tembok yang sudah memudar dll.

⇒ 6 Tips Bisnis Memulai Kedai Kopi Bagi Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here