Membuat Kopi Menggunakan French Press

0
28
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Hai… kali ini kami menulis artikel tentang membuat kopi menggunakan french press. Frenchpress merupakan alat kopi berbentuk tabung/gelas yang memiliki plunger yaitu penahan ampas kopi, alat ini ditemukan di Itali meskipun ada kata french yang artinya dalam bahasa inggris adalah orang perancis.

Metode seduh yang dipakai frenchpress yaitu Full Immersion yang artinya adalah rendam penuh, yaitu dengan cara merendam bubuk kopi di dasar gelas frenchpress. Nah… dari sini anda tahukan fungsi dasar dari french press! selanjutnya langsung kita bahas membuat kopi dengan French Press.

1. Panaskan Air hingga suhu 85-87 derajat celcius pastikan air mencapai suhu yang pas karena jika air kurang cukup panas, maka kopi akan kurang nyaman saat dinikmati

2. Siapkan Frenchpress dan pisahkan gelas dan plungernya, untuk menjaga suhu panas yang ada di dalam frenchpress anda bisa membilas gelas frenchpress dengan air panas

3. Siapkan biji kopi sebanyak 15 gr lalu haluskan dengan pengiring, untuk metode frenchpress menggunakan ukuran gilingan kasar, anda bisa menggunakan kopi jenis arabika atau robusta

4. Masukkan Biji kopi yang telah digiling kedalam gelas frenchpress

5. Rasio air yang akan kita gunakan sebanyak 1:15 atau 1 gr kopi diseduh dengan 15 ml air panas, makan kita 15 gr kopi x 15 = maka total air dan kopinya 225 ml, anda bisa melakukan perbedaan rasio sesuai dengan kebutuhan.

  • 10 gr kopi dengan total 150 ml
  • 20 gr kopi dengan total 300 ml

6. Aduk dengan menggunakan sendok dan tunggu sekitar 4 menit, mengaduk kopi yang telah dituang air panas beguna untuk meratakan kopi supaya terkena air panas semuanya dan bisa juga untuk menyempurnakan blooming (pelepasan karbon dioksida pada biji kopi, yang mana karbon dioksida tersebut bisa menyebabkan perut tidak nyaman saat kopi diminum).

7. Tutup kembali frenchpress menggunakan plungernya, tekan secara perlahan dan kopi siap dinikmati

Untuk karakter seduhan menggunakan frenchpress yaitu rasa kopi cukup kuat, dibanding dengan metode seduh pour over dan body pada air kopi juga terasa lebih tebal/berat.

 

Terima kasih telah berkenan meluangkan waktu untuk membaca blog kami.

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here