35 Manfaat Minuman Kopi Perlu Diketahui (update 2020)

0
3
orang minum kopi
Photo by Drew Coffman on Unsplash

Banyak sekali alasan untuk seseorang meminum kopi, tapi ingat bahwa segala yang masuk dan menyatu dalam tubuh kita akan memberikan dampak kesehatan. Dengan begitu kita harus memiliki pengetahuan dari manfaat minum kopi dan supaya tidak mudah terkena beberapa penyakit.

Anda tidak perlu takut akan minum kopi selama anda tahu takaran kopi yang pas untuk tubuh kita.

Apakah dalam minum kopi akan menimbulkan sugesti yang negatif? oh tentu tidak karena sudah ada kajian ilmiah dan fakta terhadap kesehatan dan kehidupan sosial.

1. Mengurangi risiko akan penyakit alzheimer

Kopi dapat mencegah penyakit Alzheimer, penyakit Alzheimer adalah penyakit yang bisa mengurangi daya ingat seseorang atau bisa dikatakan penyakit pikun.

Mekanisme dan dampak aktif ini masih bisa untuk usia anda yang berada di pertengahan sekitar 50 tahun. Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini dengan mengonsumsi kopi 3-5 cangkir setiap harinya.

Dalam sebuah studi di universitas Harvard menyebutkan bahwa kopi meningkatkan proses belajar, dan kemampuan mengingat.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Minum kopi sudah diriset oleh banyak peneliti termasuk manfaatnya yang bisa menurunkan risiko diabetes. Risiko terkena diabetes bisa turun hingga 7 persen dalam sekali minum 2-3 cangkir perhari.

Studi lain membahas tentang epidemiologi yang melaporkan bahwa peminum kopi berat bisa menurunkan risiko diabetes hingga 50%, hal ini disampaikan dalam blog kesehatan onemedical.

3. Mengurangi risiko bunuh diri & depresi

Kopi juga bisa mengurangi risiko terjadinya bunuh diri dan depresi. Ini dikarenakan seorang peminum kopi juga memiliki mood yang lebih baik.

Termasuk dopamine dan serotonin yang ada di dalam tubuh, karena kafein mengaktivasi neurotransmitter yang bisa mengendalikan mood.

4. Melindungi dari penyakit Parkinson

Disebutkan dalam Parkinsons News Today laporan pertama bahwa kopi bisa menurunkan parkinson dipublikasikan pada tahun 1970. Yang mana dilanjutkan dengan menganalisa bagian perlindungan tubuh yang potensial.

Penyakit Parkinson atau kalau istilah lainnya penyakit neurodegeneratif bisa menurunkan risiko hingga 30%. Untuk mereka peminum kopi.

Tetapi jika kopi diminum oleh wanita, maka akan menurunkan risiko hingga 60%. Ternyata untuk wanita minum kopi juga bermanfaat banget lho.

Usahakan minum kopi yang murni ya gaes, kalau bisa jangan ditambahkan gula, supaya manfaatnya kopi bisa maksimal.

5. Mengurangi risiko serangan jantung

Cukup mengonsumsi kopi 1-2 cangkir sehari bisa menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung.

Tapi ingat minum kopinya jangan sampai berlebihan, nanti efek kopi bisa menjadikan kita terkena insomnia atau gangguan tidur.

Menurut Mayo Clinic, secangkir kopi memiliki kandungan tiap 237 ml 2 cangkir hingga 96 mg kafein. Besar kandungan kafein ini berdasar pada kopi yang anda minum.

Di artikel kaveo yang lainnya menjelaskan bahwa robusta memiliki kandungan kafein yang lebih besar daripada arabika.

Sebagian peneliti melaporkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena terdapat antioksidan yaitu polifenol.

6. Peminum kopi memiliki DNA yang lebih kuat

Manfaat minum kopi yang lainnya adalah anda bisa memiliki DNA yang kuat. Karena salah satu dari nutrisi kopi juga bisa menjaga dari kerusakan DNA.

Seperti yang dikutip dari Fast Company, caranya anda bisa mengonsumsi kopi 500 mililiter kopi yang disangrai gelap perharinya.

7. Dengan minum kopi mencegah anda dari risiko kanker

Ada lagi yang perlu anda ketahui ketika minum kopi, dimana kandungan asam klorogenik, kafein dan fitoestrogen pada kopi bermanfaat juga menurunkan risiko kanker payudara.

Tidak hanya itu seorang peminum kopi juga bisa meminimalisir risiko terkena kanker mulut.

Dampak yang luar biasa ini tetap harus didukung dengan pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup ya gaes.

8. Memperpanjang umur seseorang

Selain melindungi anda dari beberapa penyakit, dari manfaat ini anda akan menjadikan fungsi organ tubuh menjadi sehat dan harapan untuk hidup menjadi lebih lama.

Tetap minum kopi dalam jumlah yang cukup tidak berlebihan. Karena kopi juga membantu menurunkan risiko kematian secara tiba-tiba.

Selain kopi teh dan cokelat antioksidan dalam kandungan kopi juga cukup untuk melindungi tubuh dari penyakit.

9. Mencegah dari terjadinya gigi yang gigis

Kopi yang disangrai ternyata menghasilkan antibacterial yang aktif melawan mikro organisme yang terdapat di gigi.

Dalam jurnal Science Daily, “Semua solusi pada kopi memiliki unsur anti lengket yang tinggi karena molekul kopi yang diinduksi secara alami dan dipanggang” ini disampaikan oleh ilmuwan italia dari universitas Pavia Gabriella Gazzani, Ph.D

Itu sebabnya anda yang suka minuman yang mengandung kafein ini akan memiliki senyum yang lebih menawan karena tidak ada noda berwarna hitam di gigi anda.

10. memiliki tulang yang kuat

Ini dikarenakan kopi juga memiliki kandungan vitamin yaitu kalsium. Kita tahu bahwa semakin usia kita bertambah melewati usia remaja fungsi dan kinerja tulang kita semakin menurun.

Jadi minum kopi tanpa gula juga menjadi solusi untuk tulang yang sehat. Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh pria maupun wanita.

11. Efek minum kopi bisa meningkatkan enerji

Kopi juga bisa mengurangi rasa lelah seseorang setelah beraktifitas, karena pada kandungan kopi yang terdapat unsur stimulan menjadi salah satu substansi untuk zat psikoaktif yang ada di dunia.

12. Bisa membantu membakar lemak

Nah ketika seseorang menjadi sedikit lebih aktif setelah minum kopi, dan merangsang saraf pada peminumnya. Terjadilah reaksi terhadap tubuh untuk bergerak.

Itu sebabnya kenapa minum kopi juga membantu seseorang untuk membakar lemak dalam tubuh.

Penting sekali minum kopi, karena kita tahu bahwa terdapat lemak jahat, yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

13. Meningkatkan produktifitas

Kandungan kafein yang terdapat pada biji yang berwarna cokelat gelap ini, seringkali dikonsumi oleh mereka yang bekerja keras.

Memenuhi asupan dengan secangkir kopi yang berdampak pada stimulasi saraf yang ada di dalam tubuh. Jika produktifitas kalian tinggi tentunya akan disayang bos dong hehehe..

Tapi jangan lupa untuk diimbangi dengan makanan-makanan yang bergizi, karena untuk menambah tenaga dengan minum kopi masih belumlah cukup.

14. untuk wanita bisa mengatasi wajah yang kusam

Banyak sekali sumber yang benar-benar merekomendasikan bahwa kopi mampu mengurangi wajah yang kusam.

Bagi anda kaum hawa anda bisa mengaplikasikannya dengan membuat masker yang terbuat dari bubuk kopi. Tapi ingat jangan ditambahkan gula, bisa dikerubungi semut nanti tubuh anda. hehe..

Cara ini bisa terbukti karena terdapat kandungan anti oksidan di dalamnya, sehingga secara alami bisa membuat kulit semakin cerah.

15. Antioksidan dan mengangkat sel kulit mati

Karena terdapat antioksidan yang tinggi, kopi juga bisa memberikan perawatan dalam menyamarkan bekas jerawat.

Karena jika bekas jerawat ini dibiarkan secara terus menerus maka bisa membekas dan akhirnya sulit untuk dihilangkan. Itu sebabnya seperti yang saya sampaikan di poin sebelumnya, bahwa fungsi dari kopi yang dijadikan masker dan bisa langsung diaplikasikan ke kulit.

16. Berisi sari sari nutrisi diantaranya

Nah selanjutnya untuk manfaat minum kopi yang perlu kita ketahui adalah, nutrisi yang ada di dalamnya. Dijelaskan dalam blog healthline, beberapa kandungan yang terdapat dalam secangkir kopi yaitu:

  • Riboflavin (vitamin B2): 11%
  • Pantothenic acid (vitamin B5)
  • Mangan and potassium
  • Magnesium and niacin (vitamin B3)

Apakah kalian masih berpikir bahwa menikmati tidak akan memberikan hal positif pada tubuh kalian coba pikirkan kembali.

17. Bisa melindungi hatimu

Melindungi hati ini bukan melindungimu dari patah hati ya.. hehe.. bagaimana bisa kopi melindungi organ hati?

Beberapa penyakit primer bisa menyebabkan kerusakan fungsi hati, seperti hepatitis, perlemakan hati.

Banyak dari kondisi ini diawali dengan sirosis, sirosis yaitu kondisi kerusakaan hati akibat terbentuknya jaringan parut.

Tetapi tenang aja, jika seseorang mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir sehari bisa menurunkan lebih dari 80% risikonya.

18. Membangun jiwa sosial

Ketika anda minum kopi maka anda tidak mungkin menikmatinya sendiri dong. Karena kita sebagai mahluk sosial bisa menikmati secangkir minuman yang berasal dari Etiopia ini, bersama orang terdekat.

Mungkin pada sore hari anda bisa mengundang teman ke rumah anda dengan menikmati kopi bersama. Seduhannya kurang konsisten gak papa… kl kalian bukan barista ya tidak apa-apa yang penting gk sampai terlalu pahit aja. Ya kan?!

19. Kandungan mineral dan vitamin pada kopi

Ketika minum kopi tidak hanya kafein yang kita serap dalam tubuh. Ternyata beberapa vitamin juga terkandung dalam kopi lho ternyata.

Anda bisa membuat kopi hitam tanpa gula dan asupan vitamin yang ada diantaranya vitamin B2, vitamin B5, mangan, magnesium dan kalsium.

20. Sumber antioksidan yang cukup besar

Antiokisdan tidak hanya terdapat pada teh dan cokelat saja, ternyata kopi juga memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi.

Ini juga menjadikan kopi sebagai nutrisi primer yang digunakan untuk diet dan juga sumber antioksidan.

21. Membantumu menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan tidak harus seseorang untuk berolahraga secara keras setiap hari, minum kopi juga bisa membantu anda mempercepat dalam menurunkan berat badan.

Jadi lumayan dong dengan olahraga ringan anda bisa menghemat untuk biaya pergi ke tempat fitness.

Anda tidak perlu lagi minum-minuman yang mengandung gula berlebih karena kopi kan sudah memiliki kandungan gula.

22. Membuatmu untuk tetap fokus

Manfaat minum kopi lainnya adalah bisa menjaga diri untuk tetap fokus, cukup dengan mengonsumsi 1-6 cangkir seminggu.

Untuk seorang pelajar atau akdemisi, ketika belajar anda bisa mengonsumsi kopi, ini lumaya membantu anda.

tetapi jika anda terlalu lelah karena habis beraktifitas ya mending istirahat saja terlebih dahulu, setelah itu anda bisa mulai belajar.

23. Mencegah penyakit stroke

Jika anda tahu bahwa mengkonsumsi kopi antara 3-4 gelas setiap hari bisa juga lho menurunkan risiko terkena stroke. Ini dijelaskan dalam studi kampus Harvard yang terletak di Amerika.

Sebuah studi meneliti bahwa wanita yang berhenti merokok untuk terhindar dari stroke akan lebih baik jika minum kopi.

24. Eksfoliasi pada kulit

Yang perlu anda ketahui lagi bahwa kopi juga mampu mengangkat sel kulit mati, dikutip dari hallo sehat. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit.

Inilah kenapa kopi yang digunakan sebagai masker bisa menjadikan kulit anda tidak kusam. Caranya mudah:

  • Ambil bubuk kopi secukupnya dicampur dengan perasan lemon
  • Gosok campurannya ke bagian tubuh yang anda inginkan
  • Diamkan hingga kering.

Anda perlu menggunakan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil secara maksimal.

25. Menjaga rambut tetap subur

Bagi anda yang ingin memiliki perawatan rambut lebih. Anda bisa memilih kopi untuk menjaga kesuburan rambut.

Kandungan kafein di dalamnya dapat menstimulasi folikel yang membuat rambut tumbuh lebih kuat.

Anda bisa menjadikan kopi dengan campuran 2 sendok bubuk kopi, 1 sendok madu dan 1 sendok minyak zaitun. Setelah dicampurkan anda bisa menggunakan untuk kondisioner, masker rambut dan rambut rontok.

26. Penyakit kardiovaskuler

Banyak sekali yang membahas dan meneliti tentang kandungan kopi, kampus besar Harvard juga menjelaskan bahwa kopi bisa mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskuler.

Menurut data dari WHO penyakit kardiovaskuler menyebabkan 17,6 juta orang kematian setiap tahunnya.

Tidak hanya minum kopi anda juga tetap harus membiasakan diri dari gaya hidup sehat.

Memilih makanan sehat, menghindari rokok, olahraga secara rutin, konsumsi makanan yang berserat. Supaya manfaat dan nutrisi dari kopi ini bisa maksimal dalam melindungi tubuh anda.

27. Mendongkrak kemampuan mengingat jangka pendek

Salah satu manfaat kopi yang bisa anda dapatkan adalah mempercepat kinerja otak dan membuat daya ingat kita lebih tajam dalam jangka waktu yang singkat. Ini bisa terjadi jika seseorang mencapai takaran 100 mg kopi.

Aktivitas di otak kita akan mendapatkan rangsangan dari asupan kafein. Itu sebabnya beberapa orang bisa berkonsentrasi sedikit lebih baik ketika belajar.

28. Membantu meningkatkan koordinasi

Ulasan jurnal yang didapatkan oleh best life online, nutrisi pada tahun 2010 menyebutkan bahwa kopi sebenarnya bisa meningkatkan neuromuscular coordination. Maksudnya apa lagi itu..?

Jadi ketika kalian minum kopi otak kalian akan mengirimkan pesan kepada ototmu jadi lebih cepat.

Jadi bagi kalian para atlit bisa memaksimalkan koordinasi yang nantinya akan mengoptimalkan gerak tulang & tubuh kalian.

29. Bisa membakar kalori yang lebih

Sudah ada banyak riset yang membahas tentang kopi, minum cukup kopi bisa membantu anda membakar kopi seharian.

Karena fungsi lain dari kafein yang menambah enerji, apakah kondisi tubuhmu sedang istirahat atau tidak.

Kita jadi tahu bahwa minum kopi merupakan salah satu cara dalam mengubah makanan dalam bentuk enerji.

30. Mencegah dari kanker usus besar

Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon). Karena ini sudah dipublikasikan pada tahun 2016 tentang studi yang membahas epidemiology kanker.

Mencegah kanker usus besar dengan minum kopi bisa menurunkan hingga 50% lho gaes. Jadi hitungannya begini, setiap 1-2 cup kopi bisa menurunkan risiko lebih dari 2.5 sampai 50%.

Jadi bukan hanya bakteri baik saja ternyata yang baik untuk usus kita.

31. Bisa mempercapat metabolisme tubuhmu

Memang benar kopi bisa mempercepat metabolisme tubuh kamu, studi lama yang didapatkan dari American Journal of clinical nutrition. Menyarankan untuk meminumnya yang berfungsi untuk mempercepat detak jantungmu.

Nutrisi yang diserap kedalam darah dan dialirkan ke seluruh tubuh dampaknya metabolisme menjadi lebih cepat.

32. Membuatmu banyak teman

Dalam gaya hidup menikmati kopi, kita juga bisa memiliki banyak relasi. Karena selalu saja ada yang asik untuk dibahas.

Memicu obrolan ketika menikmati kopi menjadikan kita peduli dengan orang sekitar. Minum kopi bersama teman juga menjaga hubungan yang baik dengan orang lain dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial kita.

Kalau minum kopi jangan lupa ajak teman ya gaes.. supaya perbincangan menjadi lebih asik.

Lebih baik lagi kalau anda mengajak teman dan mentraktirnya mungkin bisa ke kedai lalu memesan V60 atau café latte.. hehehe..

33. Mencegah terkena risiko melanoma

Tentu kopi bisa juga untuk menurunkan risiko melanoma. Selain kopi bisa menjadi sunscreen (tabir surya). Ternyata kopi juga memiliki manfaat lain.

Pendapat ini sudah di jelaskan pada studi tahun 2014 oleh asosiasi Amerika untuk riset kanker. Ternyata minum kopi juga bisa mengurangi terkena penyakit melanoma.

Ini menjadi salah rujukan karena terjadinya banyak kematian warga amerika yang terkena kanker kulit.

34. Minum kopi bisa mencegah inflamasi

Kopi ini juga bisa membantu untuk mencegah inflamasi. Yang terjadi di luar tubuh. Cara mengaplikasikannya adalah gunakan air yang dicampur bubuk kopi dan tambahkan dengan minyak kelapa, lalu jadikan masker pada muka anda. Bisa mengurangi kulit yang memerah dan meratakan kecerahan dari kulit.

35. Membantu memberi inspirasi & penyelesaian masalah

Yah mungkin ini salah satu dari manfaat kopi yang banyak dirasakan orang. Apalagi buat kalian para pekerja keras, seniman, atau ilmuwan.

Apakah itu anda menghadapi masalah pekerjaan atau masalah dalam diri anda sendiri. Efek dari stimulan kopi membuat kinerja otak kita menjadi lebih cepat.

Sehingga bisa mengetahui dengan mudah cara-cara menyelesaikan masalah dan membuat keputusan lebih cepat.

36. Membantu meningkatkan selera makan

Bagaimana bisa minum kopi meningkatkan selera makan? kopi memang cukup berdampak pada lambung seseorang dan memiliki reaksi yang berbeda.

Diantaranya selera makan ini bisa menjadi lebih banyak karena kopi memberikan performa gerak tubuh kita termasuk tentang aktifitas kita di lambung.

37. Membuatmu bahagia

Kopi itu memiliki karakter berbeda dengan jenis minuman yang lain. Itu sudah menjadi hal alami yang karena bisa membuat seseorang bahagia ketika minum kopi.

Ya logikanya sih apapun yang alami dan menyehatkan baik untuk tubuh kita sehingga memberikan mood bahagia juga.

Itu sebabnya orang yang bekerja dibalik industri kopi merupakan orang-orang yang bahagia dibidangnya karena kopi juga merupakan alasan untuk membangunkan passion dalam diri.

38. Meningkatkan kesejahteraan Petani

Kopi yang dimaksud ini adalah kopi yang murni ya, ditanam, ditumbuhkan dan dipetik oleh petani. Konsumsi kopi yang menjadi kebutuhan dan juga menjadi gaya hidup masyarakat modern, ternyata memberi dampak kesejahteraan terhadap petani. Hidup petani Indonesia.

Produksi kopi akan berdampak pada rantai kehidupan, Juga sudah diketahui banyak orang tentang minuman yang alami dan berkualitas.

Perputaran uang tidak hanya terjadi dalam bentuk seduhan kopi, tetapi juga biji kopi yang dibeli konsumen dari rumah sangrai.

Kesimpulan

Jadi bagi anda yang sudah mengetahui manfaat dari minum kopi, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi dong.

Tapi sangat dianjurkan bagi para penikmat kopi untuk minum tanpa gula ya, supaya tidak terlalu mengonsumsi glukosa secara berlebihan.

Minuman yang mengandung kafein ini memiliki sifat holistik.

Selain itu anda juga perlu mengetahui takaran yang pas tiap harinya, jika berlebih akan mendapatkan dampak yang buruk terhadap tubuh.

Untuk orang normal anda bisa mengkonsumsi maksimal tiga cangkir kopi setiap hari.

Tapi jika anda belum terbiasa anda bisa sesekali ke kedai langganan anda untuk memesan secangkir kopi.

Atau anda juga bisa memilih kopi dengan jenis decaf, yaitu kopi tanpa kandungan kafein, sehingga benar-benar nyaman untuk anda yang tidak terlalu suka kopi.

Baca juga: 21 Fakta tentang Kopi di Masa Lampau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here