Menikmati Kopi Dengan Cita Rasa Pahit ataupun yang Cita Rasa Asam

0
61
kepribadian peminum kopi

Banyak sekali ungkapan dari teman, kerabat atau keluarga mengatakan bahwa mereka tidak suka minum kopi karena pahit. Sedangkan saat ini sudah banyak varian dan spesies kopi yang memiliki karakter rasa yang berbeda-beda. Ada rasa buah, kacang-kacangan, sayur dan sebagainya. Tapi jika pada dasarnya tidak terlalu suka minum kopi maka lebih sulit untuk menikmati kopi.

Ada beberapa cara menikmati kopi dengan cita rasa pahit dan asam. Dengan membedakannya dari rasanya dan metode seduhnya.

1. Cita Rasa Pahit

Cita rasa pahit ada beberapa penjelasan, ada rasa pahit yang bisa ditoleransi dan rasa pahit yang tidak bisa ditoleransi.

Rasa pahit kopi yang bisa ditoleransi tidak perlu ditambahkan gula. Sedangkan pahit kopi yang tidak bisa ditoleransi bahkan seorang professional di industri kopi pun akan menambahkan bahan lain.

Dengan menambahkan gula:

Gula

Jenis kopi dengan cita rasa pahit banyak sekali ditemui di Indonesia dengan jenis kopi robusta, karena Indonesia merupakan produsen kopi robusta terbesar ke-2 setelah Vietnam.

Untuk menikmati dengan cara yang paling sederhana dengan cara diseduh tubruk dan setelah itu ditambahkan gula, bisa menggunakan gula pasir atau gula aren.

Dengan menambahkan kental manis:

Bisa dengan metode kopi tubruk, caranya dengan menambahkan susu kental manis ke dalam gelas, kemudian ditambahkan kopi lalu diseduh dengan air panas.

Atau bisa diseduh dengan alat Vietnam drip, pada dasar kopi Vietnam drip adalah alat untuk membuat kopi susu tanpa ampas.

Dengan menambahkan susu (susu fresh milk atau UHT):

Saat ini mulai banyak kopi yang diseduh dengan ditambahkan es, maka anda bisa menyeduh kopi kemudian ditambahkan susu fresh milk atau susu UHT, supaya lebih manis anda bisa menambahkan susu kental manis.

Dengan menambahkan Jahe:

Susu dengan tambahan jahe merupakan kombinasi yang biasa dijadikan alternatif orang Indonesia untuk dijadikan minuman herbal, karena jahe juga bermanfaat menghangatkan tubuh.

2. Cita Rasa Asam

Kopi dengan cita rasa asam didominasi dengan jenis kopi arabika. Di Indonesia juga banyak kedai yang sudah menyediakan kopi Arabika.

Kopi arabika memang terkenal dengan kopi yang bisa mengeluarkan aroma tidak hanya kopi tetapi juga buah-buahan, cokelat, gula merah, sayur, herbal dan sebagainya.

Untuk menikmati kopi arabika anda tidak perlu menambahkan gula, kental manis, jahe dan sebagainya, karena karakternya yang ringan di mulut.

Dengan metode pour over:

Chemex

Dengan metode pour over menggunakan V60 anda bisa menikmat kopi seperti minum teh. Metode seduh ini menggunakan ukuran biji medium (tidak terlalu halus seperti kopi tubruk atau espresso).

Metode pour over juga sering dilombakan, karena banyak rasa yang unik dari alat seduh yang berbentuk kerucut ini.

Dengan metode Japanese:

Dengan alat yang sama yaitu V60, tetap dengan menambahkan es, dengan begitu minum kopi menjadi lebih segar untuk diminum. Untuk seduhan Japanese juga tidak perlu menambahkan gula.

Dengan metode French press:

French press juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati kopi arabika yang memiliki cita rasa asam. French press merupakan alat kopi yang merendam penuh kopi, dengan ampas kopi yang digiling kasar menjadikan ampas kopi terendap karena tertahan plunger yang terdapat pada French press, rasa dari seduhan ini juga ringan tidak terlalu pahit sepert minum kopi hitam tubruk.

baca juga: 12 Kesalahan Dalam Menyeduh Kopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here