Mengenal Kopi Murni yang ada di Indonesia

0
78

Ada beberapa varietas kopi murni yang ada di Indonesia. Yang paling populer diantaranya Arabika, Robusta, Ekselsa. Dimana saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang bisa memberikan enerji ketika akan beraktivitas.

KopiĀ  Arabika

Kopi arabika ditanam di ketinggian diatas 800 mdpl. Memiliki rasa yang asam dan ringan di mulut dan lebih cenderung rasanya mirip buah.

Untuk mengeluarkan cita rasa yang asam, kopi arabika disangrai secara medium atau light to medium, dengan kata lain kopi di sangrai tidak terlalu gosong.

Saat ini kopi murni Indonesia sedang diramaikan dengan edukasi kopi Arabika, dengan rasa kopi yang tidak terlalu pahit dan kuat.

  • Arabika Aceh Gayo, ditanam di daerah Aceh yang terletak di kepulauan Sumatera bagian utara. Kopi arabika aceh gayo memiliki karakter aroma yang wangi dan rasa kopi yang kuat. Menjadi salah satu keunikan tersendiri untuk kopi murni Indonesia.
  • Arabika Toraja, terletak di Sulawesi selatan, di pulau Sulawesi.Kopi Arabika toraja juga menjadi salah satu dari sekian banyak kopi yang terdapat di Jawa. Banyak dari penggemar kopi Arabika Toraja menikmati rasa kopi yang kuat.
  • Arabika Flores, arabika Bali, dengan karakter rasa kopi yang asam. Kopi bali merupakan kopi murni Indonesia yang terdapat di pulau Bali di desa Kintamani. Kopi arabika Bali ini menjadi alternative untuk penikmat kopi yang tidak ingin merasakan kopi terlalu pahit.
  • Arabika Ijen, arabika Ijen, merupakan salah satu jenis kopi varietas kopi arabika yang terkenal dari pulau Jawa, aroma kopi yang wangi dan rasa kopi yang kaya dan kompleks seperti rasa, kacang-kacangan, pisang ataupun apel.

Metode Seduh

Banyak dari seduhan kopi arabika disaring menggunakan alat kopi V60 atau Kalita. Selain itu bisa juga diseduh dengan metode espresso (untuk seduhan espresso kopi disangrai dengan level medium to dark).

Kopi Robusta

Jenis varietas ini yang menjadikan kopi dari Indonesia sebagai salah satu produsen kopi robusta terbesar untuk seluruh dunia, setelah vietnam.

Kopi robusta ditanam diketinggian dibawah 800 mdpl. Kopi robusta memiliki ciri khas biji kopi yang lebih besar.

Kopi murni Indonesia dengan varietas robusta memiliki karakter yang wangi aromanya seperti bunga, dan cita rasa yang klasik seperti cokelat.

Jenis varietas robusta menjadi kopi murni Indonesia yang banyak juga beredar di pasar-pasar tradisional.

Beberapa kopi robusta diantaranya yaitu: robusta Lampung, robusta Bali, Robusta Jawa, dan sebagainya

Metode Seduh

Robusta menjadi salah satu sajian kopi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia menikmati kopi dengan cara di seduh tubruk atau ditambahkan susu menjadikan seguhan kopi menjadi lebih kental. Di beberapa seduhan, masyarakat jawa menambahkan kopi dengan arang, atau biasa disebut dengan kopi Jos.

Rasa kopi yang pahit menjadi salah satu rasa yang cocok dengan selera orang Indonesia kebanyakan.

Indonesia dianugerahi unsur tanah vulkanis dan menjadi bagian sabuk kopi (istilah wilayah untuk menanam kopi di dunia). Yang mana tanah di perbukitan ataupun di pegunungan Indonesia menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menanam kopi. Sehingga banyak masyarakat yang terkenal dengan keramahannya ini menjadikan peluang industri dalam mengenalkan kopi murni yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here