21 Fakta tentang Kopi di Masa Lampau

0
2
biji kopi

Kopi selalu menjadi minuman yang selalu unik untuk dibahas, mulai dari sejarah dan beberapa fakta yang menarik dari minuman yang memiliki kandungan kafein ini. Proses kopi di masa lampau selalu memiliki perubahan dari waktu ke waktu.

  1. Kopi ditemukan di timur tengah antara Yaman dan Ethiopia
  2. Nama kopi atau coffee (dalam bahasa Ingris) berasal dari bahasa Turki Ottoman ‘Kahveh’, dan pada bahasa arab ‘Qahwah’ yang artinya kekuatan.
  3. Di daerah timur tengah kopi menjadi sajian utama para ahli agama dan pendeta, untuk dikonsumsi pada saat berdoa di tempat ibadah malam hari.
  4. Kopi ditemukan oleh seorang penggembala, dimana pada saat itu kopi kambing yang dipeliharanya memakan sebuah buah kopi, kemudian membuat kambing tersebut terlihat lebih aktif dan senang seharian.
  5. Di Indonesia kopi disangrai dengan ditambahkan beras atau jagung supaya rasanya tidak terlalu pahit.
  6. Kopi di Indonesia dibawa oleh belanda dan ditanam dicoba ditanam Jakarta, tetapi tidak bias tumbuh dengan baik karena mudah terserang penyakit.
  7. Banyak artikel menyebutkan kopi yang pertama kali ditanam di Indonesia adalah bibit kopi Arabika.
  8. Kopi yang kita seduh adalah biji dari buah kopi
  9. Pada tahun 1511, pemimpin di Mekah percaya bahwa kopi merangsang pemikiran radikal dan melawan hukum.
  10. Pada budaya arab kuno, seorang wanita bisa menceraikan suaminya jika suaminya tidak suka kopi buatannya.
  11. Kopi instan sudah ditemukan sejak 250 tahun yang lalu, muncul pertama kali di inggris pada tahun 1771. Tetapi itu membutuhkan waktu sekitar 139 tahun untuk diproduksi secara masal. Lalu dikenalkan dan dipatenkan di Amerika pada tahun 1910.
  12. Pada jaman dahulu kopi dinikmati dengan cara direndam dengan buahnya kemudian dikunyah. Kemudian diolah oleh suku pedalaman di Afrika dengan cara digiling dengan buahnya sekalian.
  13. Finlandia merupakan Negara yang paling banyak minum kopi tetapi tidak memproduksi kopi sendiri, mereka mendatangkan kopi dari Negara lain.
  14. Beethoven merupakan musisi yang menyukai kopi, dalam setiap seduhan Beethoven menghitung 60 biji kopi setiap cangkirnya.
  15. Brazil merupakan Negara dengan produksi kopi terbanyak di dunia. Titel ini telah dapatkan sejak 150 tahun hingga sekarang, yang kemudian di bawahnya ada Vietnam, Kolombia dan Indonesia.
  16. Filsafat prancis yang bernama Voltaire mengatakan minum kopi 50 cangkir setiap hari.
  17. Kopi luwak merupakan kopi dengan harga termahal.
  18. Pemberian nama seduhan americano berasal dari sejarah tentara Amerika yang tinggal di Itali dan memesan espresso. Karena tentara amerika merasa kopi espresso terlalu strong maka espresso tersebut ditambahkan air.
  19. Kopi merupakan minuman yang sama saja dengan minuman berenerji.
  20. Pada jaman dahulu pemberian nama espresso (yang dalam bahasa Itali artinya dipaksa keluar) untuk seduhan khas Itali ini dikarenakan dalam pembuatanya dibutuhkan tekanan.
  21. Penelitian di Harvard menyebutkan bahwa peminum kopi memiliki usia lebih panjang.

Sedikit fakta tentang kopi dahulu jika ada yang kurang atau keliru bisa memberikan masukan atau komentar melalui kolom komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here