Klinis yang Harus Diperhatikan Pada Kedai Kopi

0
10
Standar Klinis Kedai Kopi

Banyak artikel di kaveo yang mencantumkan tentang klinis kedai kopi, ini penting mengingat ketika kita menjual sebuah produk dalam bentuk minuman & makanan.

Karena sajian yang diberikan kepada pengunjung akan diminum dan diolah oleh tubuh pengunjung.

Tidak mungkin anda membiarkan sarang laba-laba yang menempel di pojok ruangan kedai kopi yang anda kelola.

Maka sarang laba-laba tersebut harus segera dibersihkan sebelum bertambah banyak.

Atau anda membiarkan debu yang menempel dipermukaan meja bar entah itu yang terlihat atau tidak terlihat.

Beberapa saran dari saya yaitu tetap lakukan rutinitas dalam membersihkan kedai kopi setiap pagi atau setiap anda membuka kedai kopi.

Kita bisa mengerahkan tim untuk melakukan kegiatan bersih-bersih, seperti barista, waitrees dan petugas kebersihan.

Jadi, melaksanakan tugas kebersihan bukanlah tugas seorang pegawai kebersihan saja. tetapi juga seluruh karyawan yang ada di kedai kopi.

Di dunia industri kuliner apapun, kebersihan merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditawar.

Sesuai dengan pengalaman penulis, kebersihan merupakan hal yang cukup berat untuk dilakukan, tanpa terbiasa dan tanpa kecintaan pada profesi kita.

Terlepas itu seorang pemula atau profesional, tidak peduli kalian memenangkan berapa kali juara kompetisi barista, atau seorang dengan sertifikasi Q-grader sekalipun, atau roaster profesional.

Masalah kebersihan merupakan salah satu hal yang perlu dilatih setiap harinya.

Mulai dari hal-hal kecil di lingkungan pekerja kedai kopi.

Bahkan bisa menjadi nilai tambah yang diberikan oleh pengunjung kedai.

Baca juga:  5 Kategori Dalam Menilai Kedai Kopi

1. Kebersihan peralatan menyeduh

Yang paling utama untuk dibersihkan yaitu peralatan menyeduh, karena digunakan setiap hari.

  • Gelas, cangkir & saucer (lepek)
  • Sendok & Garpu
  • Piring & mangkuk
  • Peralatan pendukung (pisau, gunting, lap, dll)

Setelah mencucipun peralatan harus segera dikeringkan, supaya bisa digunakan kembali.

Dan perlu juga diperhatikan bagaimana menggunakan banyaknya sabun cuci yang akan diaplikasikan.

Jangan sampai sabun cuci meninggalkan bau, yang bisa tercampur dengan seduhan kopi atau makanan lainnya.

Untuk pekerjaan yang pertama ini memang perlu dilakukan setiap hari.

Karena meskipun tidak ada pengunjung yang datang ke kedai, paling tidak barista masih membuat minuman untuk dirinya sendiri.

2. Kebersihan ruangan kedai kopi

Ruang kedai rawan dengan debu-debu yang masuk, sehingga menyapu paling tidak menjadi kegiatan rutin setiap kedai kopi dan dilanjutkan dengan mengepel.

Itu sebabnya sebuah kedai yang baik akan dikelola minimal oleh 2 orang, supaya efisien dalam menjaga beberapa hal, termasuk kebersihan ruangan.

Lumayan juga mengeluarkan tenaga untuk satu orang menyapu atau mengepel sebuah kedai kopi berukuran 4×7 meter. tapi itung-itung baristanya olahraga ya.. hehehe…

Dan beberapa kedai juga melakukan bersih-bersih secara total sebelum libur panjang.

Atau juga akan melakukan seharian untuk bersih-bersih jika kedai kopi dipesan untuk reservasi.

Baca juga:  5 Perbedaan Coffeeshop dan kafe di Indonesia

3. Kebersihan lingkungan barista

Yang dimaksud dengan lingkungan yaitu, dimana barista membuat racikan kopi yang mana terdapat meja bar, lemari es, atau rak tempat menyimpan peralatan seduh.

Di titik ini kadang tidak lepas dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tumpahan susu, atau es yang terjatuh, hal seperti itu sering kali terjadi dibalik meja bar.

Maka harus sering-sering jeli memperhatikan meja bar dan dilakukan oleh barista yang menjaga pada saat itu.

Meja bar di kedai kopi merupakan lingkungan yang sangat mudah terlihat oleh pengunjung.

tidak mungkin kan pengunjung sampai tahu meja bar terdapat kotoran yang terlalu banyak.

Jika sebuah kedai menggunakan dapur pun, tetap harus dijaga kebersihannya, meskipun tidak di lihat langsung oleh pengunjung.

Bisa jadi seorang barista cermat melihat noda yang ada di meja atau kursi pelanggan, tetapi kadang noda di balik meja bar pun kadang tidak disadari.

4. Kebersihan perabot kedai kopi

Perlu juga dilakukan pengecekan setiap hari, karena bisa berdebu. Meskipun perabot di bawah ini hanya sebagai pendukung ruangan. Diantaranya:

  • Meja & kursi
  • Properti hiasan
  • Rak atau lemari

Tidak menutup kemungkinan debu masuk ke dalam ruangan kedai kopi. Maka diperlukan pemeriksaan setiap hari untuk mengelap meja ataupun kursi pelanggan.

Karena perabot tersebut yang yang sering kali terkena kontak langsung dengan pelanggan.

Sama seperti hal-nya perabot yang lain, di kedai kopi sangat dianjurkan untuk membersihkan perabot karena bisa saja lingkungan kedai masih berdebu.

Membersihkan perabot bisa dengan cara mengelap dengan micro-fiber atau kanebo, yang sedikit dibasahi dengan air. Atau menggunakan cairan pembersih khusus untuk bahan stainless steel, kaca, kayu, dan sebagainya.

5. Kebersihan luar ruangan kedai kopi

  • Tembok, kadang kita juga harus memperhatikan tembok, yang terdapat pada bagian luar kedai kopi. Terkena hujan yang terus menerus membuat tembok menjadi berlumut.
  • Halaman, Halaman yang masih menggunakan bahan batako bisa menyebabkan beberapa tanaman atau rumput liar tumbuh. Jika tidak diperhatikan maka bisa menyebabkan tidak enak dipandang.

Kejelian dalam memperhatikan kebersihan setiap benda yang berada di dalam kedai merupakan keharusan yang dimiliki oleh pengelola usaha kopi atau pekerja yang ada di dalamnya.

Tidak hanya di dalam ruangan, di luar ruangan juga harus diperhatikan.

Anda tidak mungkin membiarkan debu yang menempel pada tembok pada bagian luar ruangan.

Jangan sampai juga tembok sampai terdapat lumut atau rumput yang tumbuh atau bagian dari pondasi bangunan yang mulai rapuh atau terkikis.

Dalam artikel ini masih berkaitan dengan artikel tentang kedai kopi yang lain, memang menomor satukan kebersihan dan mengenai menu kedai berada ditempat kedua, dalam kategori skala prioritas.

Baca juga:  Langkah-langkah Membuka Kedai Kopi “Menentukan Menu” bag. 1 dari 4

Kesimpulan

Dari semua yang kita bahas mulai dari:

  1. Kebersihan peralatan menyeduh
  2. Kebersihan ruangan kedai
  3. Kebersihan lingkungan barista
  4. Kebersihan perabot kedai
  5. Kebersihan luar ruangan kedai

Kenyamanan kepada pengunjung kedai kopi merupakan yang utama.

Mempertahankan seluruh aspek dari kedai kopi tidak hanya enak dan tidaknya atau lengkap dan tidakny menu kopi atau sajian makanan.

Kebersihan itu akan melengkapi, pelayanan yang diberikan kepada semua konsumen.

Meskipun pengunjung tidak mengunjungi kedai kopi. Jika selalu menjaga standar klinis, Maka membeli secara online pun juga tak usah diragukan kualitas kebersihan sebuah kedai.

Ingat pengunjung tidak hanya membayar untuk secangkir kopi tetapi juga tentang apa yang dirasakan oleh konsumen mengenai lingkungan yang nyaman.

Meskipun menjaga kebersihan entah itu dapur, meja bar atau ruangan kedai merupakan pekerjaan yang cukup berat, bukan berarti tidak bisa diselesaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here