9 Jenis Biji Kopi Yang Defect atau Cacat

0
104
biji kopi

Biji kopi tidak hanya dipanen dari pohonnya saja dan dikeringkan. Tetapi seteah dikeringkan maka harus ada tahap sortasi. Yaitu memilih biji yang bagus, kali ini kita akan membahas tentang beberapa kecacatan pada biji kopi atau menyebutnya dengan kata Defect.

Prosesor atau rumah sangrai memang tidak sepenuhnya mengharap biji hijau kopi sempurna. jenis kecacatan pada biji kopi ini bisa terjadi pada varietas kopi apapun, Robusta, Arabika, Liberika, dan lainnya

1. Full Black (Hitam Penuh)

Seluruh tampilan atau sebagian biji kopi berwarna hitam. Jenis kecacatan kopi Full Black masih dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Primary Defect apabila keseluruhan biji kopi berwarna hitam dan Secondary Defect apabila hanya ada sebagian saja yang berwarna hitam.

Faktor yang menyebabkan terjadinya Full Black adalah  mikro organisme, bisa juga karena buah kopi kurang mendapat nutrisi. Kekurangan air selama masa pertumbuhan buah juga termasuk penyebabnya.

2. Full Sour

Ciri-ciri kecacatan ini adalah biji kopi berwarna cokelata cerah, kuning cerah. Karena memang tidak-benar hijau seperti biji kopi yang lain.

Jika kita memecah biji ini baunya asam dan seperti bau cuka.

Hal ini juga disebabkan karena terlambat untuk dipetik dari pohonnya.

Juga bisa karena waktu proses cuci air yang digunakan airnya kotor. Dalam hal penyimpanan, biji kopi diletakkan di tempat yang tinggi tingkat kelembapannya.

3. Broken, Chipped (Patah)

Ciri-cirinya adalah biji kopi tidak berbentuk sempurna, entah itu terbelah atau patah. Penyebabnya adalah buah kopi terpetik saat belum matang. Lalu biji kopi patah saat melalui proses penggilingan untuk menghilangkan biji tanduknya.

4. Insect Damage (Serangan Serangga)

Biji kopinya berlubang dan beberapa buah ceri yang dipetik juga terdapat lubang.

Insect damage juga yang menyebabkan terjadinya pembusukan pada biji kopi.

Dan karena serangan serangga ini  biji kopi juga tidak bisa berbentuk dengan sempurna.

Jika biji kopi yang berlubang ini tetap diolah maka rasa yang akan keluar akan menyebabkan kopi menjadi hambar hingga menjadi rasa asam yang kurang nyaman.

5. Unhulled Beans (Kulit Tanduk Masih Menyangkut)

Ini adalah jenis kecacatan yang berakibat pegelupasan yang tidak sempurna, seperti masih terdapat kulit tanduknya. Jenis ini merupakan secondary defect.

Jika defect ini tidak dipisahkan maka akan terbakar saat disangrai. Yang bisa menyebabkan rasa pahit yang mengganggu pada seduhan.

6. Malformed (Tidak Terbentuk Sempurna)

Jenis kecacatan pada biji kopi yang tidak berbetuk sempurna, sehingga terlihat kemps, patah, retak ukuran yang terlalu kecil dan berbentuk gepeng.

Beberapa peyebabnya seperti kurangnya pohon kurang ternutrisi dengan baik, buah ceri kopi terlalu matang. Bentuk yang tidak sempurna sulit diklasifikasikan karena terdapat berbagai faktor.

7. Foreign Matter (Benda Asing)

Jenis benda asing yang tercampur dalam biji kopi, seperti kayu, batu atau kerikil, kulit tanduk, benang, daun, dan lain sebagainya.

Benda asing yang tercampur dalam biji kopi bisa terjadi saat proses penyimpanan. Dimana biji kopi diletakkan di tempat yang kurang steril.

Untuk jumlahnya jenis defect foreign matter ini tidak sebanyak dari jenis yang lain.

8. Fungus

Jenis Defect ini biji kopi akan terlihat retak dengan warna hijau tua di dalamnya. Bagian luar biji kopi juga tidak merata, kadang terdapat tekstur yang kasar, Beberapa jenis defect ini juga terdapat bercak warna merah.

Penyebab terjadinya fungus adalah terlalu lama biji kopi yang difermentasi dan penyimpanan buah kopi yang sangat tinggi kelembaban ruangannya.

9. Quakers

Jenis kecacatan pada biji kopi yang tidak matang. Beberapa bentuk biji kopi juga terlalu kecil dan memiliki warna yang sedikit lebih cerah dibanding dengan biji kopi lainnya.

Quakers terjadi karena pohon kopi kurang nutrisi dan cara pemetikan yang keliru juga menyebabkan quakers. Rentang waktu terjadinya jenis defect ini saat kopi melalui proses fermentasi.

Sebenarnya masih banyak jenis defect yang lain yang pada biji kopi setelah melalui proses cuci.

Saya menuliskan ini karena juga sering menemui jenis defect yang seperti ini. Dalam pengalaman saya melakukan sortasi biji kopi. Untuk saran, masukkan dan komentar bisa melalui kolom komentar atau melalui surel.

Baca juga: Pengenalan 1: Paska Panen Kopi Proses Cuci Wash dan Natural

Sumber:

perfectdailygrind.com

sadakoffie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here