16 Informasi Kopi dan Media Sosial Kopi Daring (Tren 2020)

0
19
media sosial kopi
Photo by Kate Torline on Unsplash

Di jaman teknologi informasi yang berkembang secara pesat seperti sekarang ini, memberikan kita wawasan baru dan informasi tentang kopi. Menjadi tambahan ilmu akan industri kopi itu sendiri, dari sosial media seperti Instagram yang telah kami tulis cenderung kepada profil-profil yang memberikan edukasi tentang kopi. Dan sosok-sosok profesional yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Iit Coffee (@iit.coffee)

IIT ini dari singkatan Indonesia International Trading, menyajikan produk roasted bean, di akun ini banyak sekali postingan yang edukatif entah itu tentang informasi kopi hijau, proses sangrai, atau seduhan secangkir kopi. menampilkan desain yang menarik dan juga informatif.

Selain itu beberapa konten yang dibuat juga didokumentasikan dalam bentuk video.

Anda bisa tahu bagaimana proses tentang sortasi pada kopi, mulai mencuci kopi, artikel tentang sangrai kopi dan lain sebagainya.

Beberapa barista nusantara seperti Mikael Jasin yang mengangkat proses kopi dari petani juga diposting disana.

2. Bicara kopi (@bicarakopi)

Juga tidak kalah penting bahwa bicara kopi menyajikan banyak istilah-istilah yang ada di dunia kopi.

Kutipan-kutipan motivasi yang bakal mewarnai pengikutnya. Info yang disajikan juga berupa informasi barista, tips memproses kopi, event.

Akun instagram dari bicara kopi ini juga disajikan dengan desain yang menarik.

Dominasi warna cokelat seperti halnya warna kopi dipadukan dengan fotografi yang menawan.

Info-info yang ditawarkan lainnya seperti membahas tentang teknis menyeduh kopi dan informasi tentang seminar yang pastinya ditujukan untuk mereka yang ingin memperdalam di dunia kopi.

3. Komikkopi (@komikkopi)

Komikkopi memberikan hiburan dengan mengusung tema kopi, menjadikan kopi menarik dan tidak terlalu serius, Tentunya bisa memecah kebosanan saat banyak sekali foto-foto bertemakan kopi yang bertebaran di media sosial.

Menceritakan seekor anjing yang memiliki passion di dunia kopi, kalian yang suka banget baca komik rekomended banget untuk mengikuti akun ini.

Ilustrasi yang menarik seperti ini juga akan memudahkan anda dalam memahami tentang suka-duka di dunia perngopian.

4. Viva Barista (@vivabarista)

Viva barista juga tak kalah menarik dalam mengedukasi kopi, melalui goresan pen marker lalu membubuhkan beberapa catatan, sehingga benar-benar menjunjung tinggi apresiasi seni dalam profilnya.

Paling utama adalah viva barista menyampaikan tentang kopi itu sesuatu hal yang mengasyikkan.

Jika anda mengikuti akun ini di Instagram anda akan banyak sekali mendapat info materi kopi mulai dari kelas barista, pengembangan bisnis dan kebun kopi.

Selain itu banyak juga fotografi kedai kopi yang menarik yang diposting oleh akun instagram viva barista.

5. Agropop (@agropopmedia)

Anda bisa mengakses akun ini di instagram, postingannya membahas banyak hal di dunia pertanian.

Agropop merupakan media penerbitan/publisher. Banyak dari profesional yang bergerak di dunia kopi lalu diwujudkan dengan menulis buku dan penulis di agropop ini diantaranya ada Eris Susandi, Edy panggabean, Dani Hamdan, Aries Sontani dan lain sebagainya.

Instagram dari agropop selain memposting tentang buku-buku yang bertema kopi. Agropop sering juga memberi banyak informasi dan tips dan teknis mengolah tanaman lainnya.

Dalam akun tersebut anda bisa juga mengikuti beberapa siaran langsung yang diselenggarakan dengan pemateri yang juga penulis buku dari media agropop.

6. Otten Coffee (@ottencoffee)

otten kopi

Banyak sekali informasi tentang kopi yang bisa anda dapatkan di Otten, Populer dengan menjual berbagai macam alat kopi atau jaman sekarang disebutnya one stop coffeeshop.

Tidak hanya itu, otten selalu menampilkan postingan tentang tutorial menyeduh kopi.

Selain itu juga terdapat banyak alat kopi yang menarik di perusahaan yang memiliki warna logo hijau muda ini.

Mengunjungi akun dari Otten Coffee menjadikan kita tertantang untuk berkesperimen menyeduh kopi di rumah sendiri.

7. First Crack (@firstcrck)

first crack

Dengan mengemas sosial media yang elegan melalui postingannya, First Crack Coffee rutin mengedukasi pengunjung, membuat tutorial tentang menyeduh kopi dan sebagainya. Mudah dipahami dengan desain yang menarik.

Anda juga bisa menyimak infografis yang didesain secara ciamik oleh perusahaan kopi yang terletak di Jakarta ini.

Info-info tentang event kopi juga bisa lho anda dapatkan disana. Ini benar-benar sangat cocok diikuti bagi kalian yang ingin mengembangkan pengetahuan di dunia kopi.

8. Mas_fotokopi (@mas_fotokopi)

mas foto kopi

Banyak sekali ide-ide menarik yang bisa memberi anda inspirasi dari fotografi bertemakan kopi.

Mendokumentasikan pandangan dari kedai ke kedai, Proses seduh dan juga sangrai. Sangat cocok juga bagi siapapun entah itu pemilik kedai yang ingin menjadikan mas foto kopi sebagai rujukan.

Desain kedai kopi yang cosy, minimalis, dekoratif, serta konseptual. Menjadikan anda seolah-olah ingin mengunjungi semua kedai yang ada disana.

Hehee.. semoga kita diberi kesehatan dan umur panjang sehingga mengunjungi kedai seluruh Indonesia bisa terwujud.

9. Gordi (@gordi.id)

Menyajikan info kopi dengan desain infografis yang menarik, sehingga informasi tentang kopi lebih dapat kita pahami, selain kedai Gordi merupakan rujukan yang menarik untuk anda yang suka dengan warna biru.

Produk-produknya dikemas secara menarik dan kreatif, selain itu Gordi juga sering mengadakan event seperti cupping kopi dan juga workshop. Tidak salah bagi anda untuk menaikan level anda dibidang menyeduh kopi tingkat lanjut.


Sudah saatnya para barista sekarang membranding media sosial mereka dan mengedukasi pengikutnya.

Media sosial sangat bermanfaat dan memberi dampak bahkan hingga 10 tahun ke depan, Sangat menarik untuk dijadikan tambahan inspirasi, entah itu dari cerita & pengalaman mereka yang dibagikan.


10. Darat Coffeelab (@daratcoffeelab)

Menyangrai kopi merupakan serangkaian proses paska panen yang ada di industri kopi, Darat Coffeelab selalu memberikan informasi tentang kopi yang menarik tentang proses sangrai kopi.

Memiliki peran penting kepada banyak kedai kopi di seluruh Indonesia. Darat coffee lab menunjukkan konsistensi dalam menjaga kemurnian kopi.

Dokumentasi di kebun kopi menjadi bagian dari kekuatan branding di media sosial ini.

Selalu aktif di televisi instagram merupakan salah satu kelebihan dari akun ini.

11. Common Ground (@common.grounds.coffee)

informasi kopi

Bagi anda yang ingin mengikuti kelas barista, tidak ada salahnya mengikuti akun dari instagram Common Ground ini.

Pemenang barista tingkat dunia seperti Mikael Jasin, juga menjadi sosok yang berpengalaman sekaligus menjadi pemateri, diabadikan di akun media sosial Common Ground.

Event-event yang tidak kalah menarik juga dihadirkan di akun ini. Fotografi yang elegan seakan-akan mengajak kita untuk menikmati secangkir café latte yang diseduh oleh barista-barista profesional.

Sering berpartisipasi dan memenangkan lomba barista, latte art & brewer, dokumentasi saat lomba berlangsung akhirnya mewarnai galeri di akun yang memiliki kedai di ibu kota.

12. Philocoffee (@philocoffee)

Salah satu industri yang cukup dikenal di kalangan pecinta kopi ini memiliki lebih dari 57 ribu pengikut.

Anda akan terus bisa mengikuti informasi perihal industri kopi yang dikemas melalui podcast.

Pembicaraan yang hangat bisa memberi kalian informasi dan edukasi tentang perkembangan industri kopi.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat dokumentasi tentang proses kopi, mulai dari sangrai, hingga penyeduhan.

Kata-kata tentang dasar dan pengetahuan kopi juga dibahas di akun instagram philocoffee.

13. Robby Firlian (@robby.firlian)

Jika anda selaku barista sedang menyelami dunia latte art. Anda akan dapat referensi dan inspirasi dari akun kontingen Indonesia ini yang pernah mengikuti ajang World Latte Art Championship.

Bagi anda yang ingin mengikuti perlombaan siapa tahu bisa memenangkan kerjuaraan latte art dengan meniru tehnik dari menggambar dari mas Robby.

Pengalaman yang didapatkan menunjukkan bahwa Robby Firlian, memiliki kapasitas dalam dunia barista yang kemudian dipublikasikan di Instagram.

Terdapat banyak proses menggambar latte art yang dikemas dengan media video, dari sana nanti anda akan tahu bagaimana sih pouring latte art yang baik dan benar itu.

14. Viki Rahardja (@vikirahardja)

Seorang barista profesional yang juga memiliki banyak prestasi di dalam seduh-menyeduh kopi.

Tidak hanya itu, media sosial dijadikan Viki untuk memberikan beberapa info tentang kopi.

Dengan karakter yang unik personal branding di profil Instagram akan menjadikan pengunjung banyak mendapatkan wawasan tentang menyeduh kopi.

Dalam penyajian postingan di media sosial, Viki membangun microblog yang tentu bertemakan tentang kopi.

Yang mana kontennya juga memiliki topik latte art, manual brewing, resep-resep dan masih banyak lagi.

15. Klinik Kopi (@klinikkopi)

Pelaku kopi seperti mas Pepeng yang sekaligus menjadi pemilik kedai Klinik Kopi juga mengemas media sosial dengan sangat menarik.

Dalam postingan di akun resmi Klinik Kopi ditunjukkan proses mulai dari tanam, sangrai, hingga menyeduh.

Bagi kalian yang memiliki passion besar di dunia kopi rujukan anda ke akun instagram kedai yang terletak di Jogja ini adalah pilihan yang tepat.

Hijaunya hamparan kebun kopi juga diabadikan sehingga meyakinkan kita akan kemurnian kopi yang diproduksi mas Pepeng.

16. Wiliam Edison (@wiliamedison.coffee)

Salah satu nama besar dalam industri kopi yang ada di Indonesia. Yaitu ada Wiliam Edison yang bergerak dalam produksi mesin sangrai dan sekolah tentang menyangrai kopi.

Anda akan disuguhkan dengan banyak sekali sajian informasi dan infografis menarik yang bisa membuka ilmu pengetahuan dunia sangrai biji kopi.

Anda juga akan ditunjukkan bagaimana hasil sangrai biji kopi yang baik dan benar. Silahkan anda kunjungi dan serap ilmu dari instagram William Edison sebanyak-banyaknya.

Selain itu terdapat info untuk Kelas sangrai pabrik mesin roasting yang bertempat di kota Jakarta ini.

Wiliam Edison membuka lebar-lebar bagi kalian yang ingin mendalami tentang menyangrai kopi secara profesional.

Dari beberapa daftar media sosial diatas, anda bisa mencari inspirasi dari manapun untuk membangun brand yang tertarget dengan baik dan mengembangkannya di media sosial.

Akun-akun tersebut tidak hanya untuk anda pemilik kedai kopi, siapapun anda entah itu penikmat kopi, seorang pemula, barista, roaster, q-grader, fotografer kopi, konten kreator dan lain sebagainya.

Sekian mungkin itu saja yang bisa kaveo tulis mengenai daftar informasi tentang kopi yang ada di sosial media.

Untuk yang belum disebutkan jangan bersedih, silahkan kirim komentar dan bagikan sehingga kami bisa memberikan yang daftar terbaru tentang media sosial industri kopi. Salam ngoooppii.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here