Cara Menyimpan Kopi Yang Baik dan Benar Sebelum di Seduh

0
50
Photo by Pixabay on Pexels.com

Menyimpan kopi merupakan hal sederhana dalam menjaga kemurnian kopi. Kami akan memberikan tips tentang menyimpan kopi, mungkin beberapa dari anda sudah melakukan dengan baik, tetapi apakah masih belum yakin, dengan cara yang anda? mari kita simak beberapa cara dibawah ini.

  1. Kami menyarankan anda menyimpan kopi dalam bentuk masih biji, tetapi dengan toleransi paling tidak anda memiliki pinggiling kopi manual ataupun elektrik. Nah.. jika Anda tidak memiliki penggiling kopi untuk kopi yang akan anda beli, maka anda bisa memesan kopi kepada Roastery-nya untuk di gilingkan.
  2. Tetapi ingat jika anda menyimpan kopi dalam bentuk bubuk maka kesegaran kopi akan hilang dalam waktu antara 15-20 menit
  3. Hindarkan cahaya matahari secara langsung dengan memperhatikan ruangan tempat menyimpan kopi, serta menjauhkan cahaya yang masuk kedalam ruangan.
  4. Termasuk tidak menyimpan kopi pada tempat yang lembab.
  5. Atau biarkan kopi dalam kemasannya yang memiliki sistem one way air flow, yang berfungsi untuk mengeluarkan udara. jika tidak ada katup satu arahnya, maka kemasan kopi akan mengembangkan. ini disebabkan karena kopi mengenluarkan karbondioksida.
  6. Gunakanlah wadah yang tertutup rapat dan kedap udara (Air Tight Sealed), yang perlu anda perhatikan adalah  wadah tersebut apakah masih memiliki celah untuk udara masuk atau tidak.
  7. Hindarkan wadah kopi dari barang yang memiliki bau yang menyengat seperti buah durian, daging ikan, dan sebagainya.
  8. Karena kopi memiliki sifat menyerap bau dengan cepat
  9. maka hasilnya akan seperti bau tersebut
  10. Itu sebabnya brewer masih harus menggiling biji kopi sebelum diseduh
  11. Usahakan tidak menyimpan kopi lebih dari 30 hari, penyimpanan kopi dalam waktu lama akan membuat aroma dan rasa kopi berubah.

Cara penyimpanan ini tidak hanya berfungsi untuk kopi Arabika saja, semua jenis spesies kopi harus disimpan dengan beberapa cara yang sudah disebutkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here