Begini Cara Latih Kepekaan Lidah untuk Identifikasi Rasa Kopi

0
44
minum kopi
Photo by Burst on Pexels.com

Sebenarnya ini merupakan bentuk apresiasi rasa pada kopi, termasuk mereka yang bekerja dan berusaha menghadirkan kopi-kopi terbaik untuk kalian semua. Pada sektor tertentu kemampuan pengecap atau identifikasi rasa adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh penyangrai kopi, prosesor kopi dan barista. Gunanya untuk mengetahui kualitas dan konsistensi kopi yang mereka hasilkan.

Semarak berkembangnya industri kopi telah menembus batas profesionalitas. Saat ini pelanggan kedaipun  sudah mahir untuk mengidentifikasi rasa. Agar perbedaan ini tidak menimbulkan prahara ada sebaiknya untuk bersama menyatukan persepsi terlebih dahulu sebelum menilai.

Untuk dapat melancarkan proses identifikasi pada rasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Hal pertama kita harus bersikap terbuka dan jauhi sugesti yang dapat mempengaruhi pikiran terhadap jenis kopi apapun berikut dengan tingkat sangrainya, daerah asalnya dan apapun itu yang berhubungan dengan latar belakang kopi.

Kemudian cobalah menyicipi kopi dengan metode cupping/tubruk. Mengapa demikian? sebab metode ini meminimalisir variabel, seduh dan tidak banyak mengalami modifikasi teknik seduh sehingga cukup mudah untuk mengejar konsistensi rasa.

Ragam rasa yang mengacu pada Flavour Wheel(Roda Rasa) bukanlah suatu bentuk identik dari asosiasi rasa tersebut. Misal ada rasa asam jeruk, bukan berarti benar-benar terdapat buah jeruk pada kopi tersebut melainkan pengalaman (experience) ketika menyicipinya dan ada kesan menyerupai asam jeruk.

Selalu rekam proses identifikasi rasa yang kalian lakukan dengan media apapun. Hal ini berguna untuk pembanding, referensi rasa atau acuan pada kopi yang sama jika terjadi inkonsistensi.

Terakhir adalah terus berlatih menyicipi kopi. Semakin banyak jam terbang dalam menyicipi kopi, maka akan semakin banyak pula referensi rasa untuk memperkaya perbendaharaan rasa kalian.

Sumber: perfectdailygrind.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here