Bagaimana Cara Mengukur Kopi Tanpa Timbangan

Photo by Pixabay on Pexels.com

Tertarik dengan seduhan manual? untuk mendapatkan seduhan kopi terbaik tidaklah mudah. konsistensi dan presisi adalah kunci untuk mendapatkan seduhan kopi terbaik.

Namun, beberapa orang yang tertarik dengan seduhan manual terkadang terhambat dengan peralatan seduh yang dimiliki.

Untuk mencapai konsistensi yang tepat, presisi dan rasio, timbangan akan menjadi peralatan yang wajib dimiliki. Tetapi, jangan khawatir! jika kalian tidak memiliki timbangan, anda bisa menggunakan sendok makan.

Takaran saji sendok makan untuk seluruh biji kopi antara 4-7 gr. Dengan ukuran ini, diasumsikan satu sendok makan  kopi di rata-rata sekitar 5 grams.

Bagaimana ini bekerja? sebagai contoh, untuk membuat per-8oz dalam secangkir kopi, berarti anda akan membutuhkan sekitar 225 ml air  (gram=ml). Jika rasio yang anda gunakan 1:15, untuk mengetahui rasio yang tepat pada kopi, anda perlu harus membagi berat air (225/15), maka hasilnya 15.

Jadi, anda akan membutuhkan 15 gr kopi dan 225 gr air untuk menyeduh kopi. Karena, kita mengasumsikan masing-masing takaran sendok makan dapat menampung 5 gr kopi, yang berarti anda membutuhkan 3 sendok makan dari biji kopi.

Jika anda ingin tahu berapa banyak air yang dibutuhkan.

Gunakan rasio emas, yaitu 1:15 dan kalikan berat kopinya. sebagai contoh, jika anda memiliki 30 gram kopi, jumlah air yang dibutuhkan akan menjadi 30 x 15, yang mana totalnya adalah 450 ml

Ini adalah cara untuk menyeduh secara manual tanpa menggunakan timbangan, mungkin ini tidak presisi, tetapi jika anda memperhatikan raio kopi dan air, cara ini lebih baik daripada tidak ditimbang sama sekali.

Sumber & terjemahan: Indonesia International Trading

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan