Jenis Acidity (keasaman) Pada Kopi

0
106
rasa kopi arabika
Photo by Dominika Roseclay on Pexels

Ketika kita membahas tentang asam, maka yang ada di pikiran orang yang mendengarkan adalah rasa kecut di dalam mulut dan bisa membuat sakit perut. Pengetahuan tentang jenis acidity pada kopi penting untuk disampaikan oleh barista kepada pengunjung kedai.

Langsung cemas mendengarkan asam, karena mengaitkan penyakit asam lambung yang naik, yang di derita oleh beberapa orang.

“Mas pesan menu selain kopi ya, soalnya saya tadi udah ngopi, perih nanti lambung saya” kata seorang pengunjung kedai kopi kepada barista.

Banyak dari beberapa orang yang takut akan masalah kesehatan jika mengonsumsi makanan yang mengandung asam.

Perlu diketahui beberapa tingkat asam dari makanan dan benda lain.

jenis asam pada kopi
Tingkat kandungan asam pada makanan dan benda.

pH Kopi masih satu tingkat dibawah jus tomat dan bir.

pH Kopi juga masih satu tingkat diatas air liur dan susu sapi.

Sebelum membahas acidity atau keasaman pada kopi. Bahwa Acid atau yang akan kita sebut asam dan Acidity atau Keasaman merupakan istilah yang berbeda.

Menyangrai kopi juga akan mengubah kadar asam, itu sebabnya tukang sangrai harus mengetahui beberapa jenis asam pada kopi.

Asam merupakan salah satu poin penting untuk menilai rasa kopi entah itu Robusta, Arabika, Ekselsa atau Liberika.

Acidity (keasaman) pada kopi arabika tetap dijaga, karena selera penikmat kopi single origin yang cenderung mencari rasa buah-buah yang unik.

Seorang profesional kopi seperti: Q Grader, Roaster atau Barista  membahas tentang “keasaman”. Mereka membahas kandungan asam yang dapat mempengaruhi rasa pada kopi

Apa saja jenis asam pada kopi?

Yang Pertama adalah asam Klorogenik

Asam klorogenik ini akan pecah ketika kopi disangrai. Yang mana nantinya akan keluar kandungan antioksidan.

Asam yang terdapat pada kopi tentu berbeda dengan asam yang terdapat pada buah.

Yang kedua yaitu Asam Quinic. Asam ini berperan penting pada kopi: ketika disangrai, asam klorogenik berkurang dan berubah menjad asam Quinic.

Rasa asam ini yang akhirnya mengeluarkan rasa kecut ketika diseduh menjadi minuman. Semakin gelap kopi disangrai semakin tinggi kandungan asam Quinic.

Setelah mengetahui beberapa jenis asam pada kopi. Maka setiap orang bisa mengedukasi akan reaksi kimia entah itu ketika kopi disangrai atau diseduh. Memberikan pandangan tentang jenis asam klogenik dan quinic menciptakan ciri khas rasa asam pada kopi.

Sumber:

  • thekitchn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here