Apa yang Dimaksud Dengan Craft Coffee

0
72
Pengiring kopi di kedai kopi

Frasa Craft Coffee ini tidak terlalu berlaku pada jenis minuman atau makanan yang lain, contohnya seperti Craft Tea, Craft Beer, Craft Wine, Craft Burger, Craft Pizza dll. Kopi salah satu jenis minuman yang masih bisa diterima oleh semua golongan masyarakat, semua etnis, semua agama, semua suku, semua latar belakang pendidikan, semua status sosial, dll.

Kopi yang menjadi bagian dari gaya hidup sejak dulu, tidak hanya sebatas minuman dan penghilang dahaga. rasa pahit ataupun asam pada sebuah kopi selalu saja misterius. Proses demi proses selalu menarik untuk dibahas. Mulai dari seorang petani melakukan proses pemetikan pada buah kopi, jadi buah kopi itu tidak bisa dipetik sembarangan, karena akan menyebabkan kerusakan pada pohon kopi. sehingga membutuhkan beberapa tahun lagi untuk menanamnya kembali jika pohon tersebut rusak atau bahkan mati, proses pencucian buah kopi dan pengeringannya, hingga kopi siap dikirimkan ke rumah sangrai.

Berbeda lagi dengan rumah sangrai, menyangrai biji kopi yang masih hijau mulai dengan memilih mesin sangrai yang terbuat dari bahan yang layak, menentukan panas mesin sangrai, memahami naik-turunnya diagram ketika kopi disangrai, dll. Nah maka dari itu langkah-langkah dalam menyangrai kopi juga salah satu bentuk craft coffee(keterampilan tentang kopi).

Bagian dari craft coffee adalah mengutamakan skill, skill manual brew termasuk skill menggunakan mesin seduh espresso. seorang barista profesional akan berusaha mencapai tingkat konsistensi yang tinggi, barista akan menjelaskan kepada konsumen tentang dari mana asal daerah kopi tersebut, lalu metode seduh apa yang diminta oleh konsumen, maka barista akan menyeduh sesuai dengan karakter cita rasa kopi yang akan dikeluarkan.

Saya menerjemahkan “Craft Coffee adalah keterampilan tentang kopi, entah itu penanaman pohon kopi, proses paska panen, menyeduh, hingga sampai pada meja penikmat kopi”. Keterampilan tentang kopi juga meliputi pengetahuan tentang kopi, tidak hanya lihai dalam mengolah kopi tetapi juga memahami kebutuhan proses setiap biji kopi.

Kopi instan bukan bagian dari craft coffee, karena proses pengolahan mulai dari penanaman, pemilihan buah kopi, paska panen, hingga proses sangrai kopi tidak tersampaikan secara jelas, konsumen menerima kopi sudah dalam bentuk bubuk yang cepat dilarutkan dalam air, sehingga konsumen tidak bisa memodifikasi tingkat halus dan kasarnya bubuk kopi sesuai dengan alat seduh yang akan digunakan.

Semua orang bisa belajar akan keterampilan dalam membuat kopi. menyeduh kopi merupakan bagian yang banyak disukai oleh semua orang, mungkin karena kita akan tahu hasil cita rasa dari metode seduh yang sudah kita buat, di era berkembangnya teknologi dan informasi sudah banyak sumber dan media yang menyajikan pengajaran gratis dalam menyeduh kopi.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Jangan lupa untuk subscribe blog kaveo.id, jika ada saran dan kritikan kirimkan aja di kolom komentar atau email langsung.

Salam spesialti 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here