9 Keunikan Kopi Dibanding Minuman lain

0
14
Photo by Burst on Pexels.com

Saat di kedai kopi, banyak pengunjung kedai kopi membahas tentang minuman bewarna hitam ini yang terbuat dari biji tanaman kopi, saya tuliskan 9 keunikannya ya gaes, lumayan nih buat nambah ilmu pengetahuan.

1. Kopi merupakan energy drink yang murni

Kafein pada kopi mengandung zat psikoaktif, yang mana menstimulasi kerja otak sehingga dapat menghilangkan kantuk.

2. Kopi spesialti memiliki berbagai macam metode seduh

Kopi saat ini sudah memiliki banyak metode seduh dengan alat-alat yang unik dan berbeda-beda, mulai dari metode tetes, tekan, seduh dingin dan sebagainya jadi tidak hanya kopi tubruk saja ya.. hehee…

3. Kopi memiliki perjalanan panjang mulai dari penanaman hingga penyeduhan

Kopi ditanam oleh petani, lalu diproses oleh prosesor untuk dilakukan seleksi dan pengupasan daging kopi, untuk diambil hanya biji kopinya saja lalu setelah di jemur kopi kemudian di sangrai di rumah roasting oleh roaster (seseorang yang ahli menyangrai kopi).

4. Kopi selalu asik untuk dibahas

Kopi selalu menjadi topik yang asik untuk dibahas oleh pengunjung kedai, mulai dari mana asal daerah kopi tersebut ditanam, efek yang terkandung dalam kopi tersebut, apa rasa yang terdapat kopi tersebut dan sebagainya.

5. Kopi merupakan komoditas nomor 2 terbesar

Kopi salah satu komoditas terbesar setelah bahan bakar minyak (petrolum), dihitung dari seluruh perdagangan yang ada di dunia.

6. Bisa diminum meskipun dari ekskresi hewan seperti luwak dan gajah

Kopi yang di makan hewan seperti luak atau gajah dan dikeluarkan kembali oleh hewan tersebut dinilai eksotis oleh sebagian penikmat kopi.

7. Kopi bersaing untuk memecahkan harga kopi termahal

Tingginya permintaan kopi di negara-negara kaya menjadikan kopi sebagai hasil tani yang memiliki nilai tinggi ketika dilelang.

8. Dahulu kala kopi sempat dilarang oleh beberapa negara di Eropa & Timur tengah

Kopi dianggap sebagai minuman yang memabukkan dan membuat ketagihan beberapa kasus seperti di Timur Tengah seseorang harus dihukum mati dengan cara diceburkan ke laut jika ketahuan meminum kopi disaat perang berkecamuk.

9. Di Indonesia kopi sebagai mediasi makhluk gaib

Tahukah kalian bahwa kopi juga menjadi bagian dari beberapa ritual masyarakat Indonesia, dan kadang di beberapa daerah seperti Jawa & Bali kopi dijadikan yang namannya ‘Sesajen’.

Sekarang kalian jadi tahu apa aja tentang keunikan kopi itu, lumaya buat nambah pengetahuan dan bahasan ketika kita mengunjungi kedai kopi, hehee…

 

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here