6 Seduhan Untuk Penikmat Kopi Pemula

0
68
kepribadian peminum kopi

Untuk anda yang masih awal dalam menikmati kopi tidak perlu bingung mulai seduhan dari mana. Beberapa seduhan yang akan dibahas ini merupakan seduhan yang bisa diterima untuk orang yang ingin mengenal seduhan dari biji yang mengandung kafein ini. Penikmat kopi pemula bisa dengan mudah menjelaskan bagaimana rasa kopi setelah air seduhan menyentuh lidah dan memenuhi dinding mulut.

1. Kopi Tubruk

Biji kopi yang digiling halus, dan cukup dituang dengan air panas, Kopi tubruk adalah cara untuk menikmati kopi murni untuk semua kalangan entah itu di Indonesia atau di Negara-negara barat.

Jadi meskipun banyak sekali tren di dunia kopi dengan alat seduh baru, kopi tubruk tetap memiliki penikmat sendiri.

Untuk anda yang belum terbiasa menikmati kopi tanpa gula anda bisa menambahkan gula. Tetapi beberapa orang yang sudah menjadi penikmat kopi sejati mereka tidak perlu lagi menambahkan kopi.

2. Kopi Tubruk Susu

cara penyeduhan sama dengan kopi tubruk, hanya saja dengan menambahkan kental manis. Kopi tubruk susu masih menjadi primadona di kalangan penikmat kopi.

Dengan takaran yang pas antara kopi rubusta dengan kental manis, anda akan menemui rasa yang manis dan pahit.

3. Vietnam Drip

Alat kopi dari Vietnam ini lebih mudah dijelaskan dengan istilah kopi susu tanpa ampas.. hehe.. itu sih menurut pendapat saya. Alatnya menggunakan driper stainless steel.

Jika kalian tidak terlalu suka dengan ampas yang ikut terminum dengan airnya maka metode Vietnam drip adalah alat yang paling tepat.

Vietnam sangat populer dengan menggunakan biji kopi jenis robusta seperti halnya kopi tubruk dan kopi susu yang terdapat di kebanyakan menu kedai kopi di Indonesia.

Baca juga: Alat Seduh Kopi Untuk Pemula French Pres & Vietnam Drip

4. Pour Over V60

Pour over yaitu cara penyeduhan kopi yang dituang sedikit demi sedikit, menggunakan alat driper V60 untuk menyaring ampas kopi.

kebanyakan driper yang ada di dunia menggunakan saringan kertas, yang berfungsi untuk mengurangi kandungan minyak yang terdapat pada bubuk kopi. Sehingga bisa mengeluarkan rasa yang jernih.

Menyeduh dengan metode pour over menggunakan jenis kopi yang kaya akan rasa ketika diseduh. Kopi arabika yang tidak terlalu kuat rasa pahitnya bisa mengeluarkan rasa buah-buahan yang unik.

5. French Press

Meskipun namanya French press, alat ini sebenarnya ditemukan di Itali, memiliki penahan ampas kopi yang disebut plunger, bubuk kopi yang diseduh berukuran kasar.

French press tidak mengeluarkan rasa yang terlalu pekat seperti anda menikmati kopi tubruk, karena bubuk kopi tidak terlalu terekstraksi seperti bubuk kopi yang halus.

Anda bisa mencoba dengan biji kopi arabika yang identik dengan rasa asam buah-buahan atau robusta karena memiliki rasa yang kuat.

Baca juga: Membuat Kopi Menggunakan French Press

6. Cappuccino

Café Latte merupakan perpaduan antara espresso dan susu, dalam bahasa Itali latte yang berarti susu. Dengan cara memanaskannya diuap, sehingga menghasilkan sedikit buih.

Café latte menjadi kopi susu yang menjadi favorit masyarakat eropa, dengan susu segar yang dipanaskan sekitar 60° celcius. Dengan sentuhan seni sang barista menggambarkan berbagai macam gambar, seperti bunga atau angsa.

Dengan foam (buih) yang terlihat dipermukaan cangkir, tidak hanya nikmat ketika diminum tetapi juga enak dilihat, cocok sekali untuk penikmat kopi pemula, kalau jaman sekarang biasanya dibuat posting di media sosial karena art (seninya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here