5 Ukuran Penting Dalam Meracik Kopi

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Dengan memahami ukuran-ukuran yang digunakan pada kopi, maka seseorang dapat meracik seduhan terbaik, yang sesuai dengan jenis alatnya dan karakter kopinya.

1. Grind Size

Sebelum menyeduh kopi anda harus tau alat seduh apa yang anda gunakan. Karena setiap alat kopi membutuhkan tingkat kehalusan bubuk kopi yang berbeda-beda. Untuk membuat kopi yang enak, apakah anda sudah tahu tentang tingkat kehalusan bubuk kopi? Saya menuliskan 7 tingkat kasar sampai halus, diantaranya: 1. Paling Kasar (Super Coarse) 2. Kasar (Coarse) 3. Kasar sedikit menengah (Coarse to medium) 4. Menengah (Medium) 5. Menengah sedikit halus (Medium to fine) 6. Halus (Fine) 7. Paling Halus (Super Fine)

2. Berat

Satuan dalam meracik kopi sederhana, Mililiter dan Gram, untuk secangkir kopi biasanya tak lebih dari 350ml air. Dan satuan gram untuk masa jenis benda padat seperti bubuk kopi. Dengan mengetahui berat pada kuantitas kopi yang akan diseduh. Barista profesional akan menemukan konsistensi disetiap seduhan.

3. Rasio/Ratio

Rasio atau perbandingan pada kopi yaitu ada dua objek yang digunakan untuk menyeduh kopi, yang paling sering dan sangat populer yaitu perbandingan antara Air dan Kopi. saat anda akan meracik kopi ala profesional kita paling tidak harus tahu berapa rasio yang digunakan untuk membuat kopi, contoh: perbandingan air ke kopi 1:12 yaitu setiap 1gr kopi membutuhkan 12ml air, jika menggunakan 15gr kopi berarti anda harus menuangkan 180ml air, cara menghitungnya 15×12. Jadi rasio ini bukan komposisi ya guys.. terkadang ada orang yang ingin lebih kuat rasa kopinya jadi rasio airnya dikurangi, bisa dikatakan rasio ini mengendalikan kuat dan tidaknya rasa kopi terhadap air dan bahan lain.

4. Suhu

Mengenali satuan suhu dalam meracik kopi juga bagian yang cukup penting, barista profesional juga harus memahami satuan suhu, sebagai contoh kasus: jika kopi yang akan diseduh mendapatkan suhu yang rendah maka bubuk kopi tidak mengeluarkan karbondioksida, ini yang menyebabkan kopi bisa menjadi kurang nyaman di lambung dan menyebabkan kembung, craft coffee (meracik kopi) di era saat ini harus memperhatikan berapa suhu yang akan digunakan. Contoh: untuk kopi dengan tingkat sangrai medium, maka suhu yang biasanya digunakan mencapai 85-95 derajat.

5. Waktu

Nah dalam menentukan waktu pasti terdapat pertanyaan “berapa lama untuk menyeduh secangkir kopi?”. Dalam menyeduh secangkir kopi beda alat pun beda waktu penyeduhan, untuk menyajikan kopi menggunakan alat French Press membutuhkan waktu 4-5 menit, untuk membuat Espresso membutuhkan waktu 25-30 detik, untuk membuat kopi dengan metode cold brew membutuhkan waktu 24 jam dan lain sebagainya. Tentunya terdapat penjelasan mengapa waktu harus di hitung, salah satu contoh adalah Espresso, rata-rata mesing espresso mencapai waktu terbaik antara 25-30 detik, dengan pertimbangan ukuran bubuk kopinya sudah halus sesuai dengan seduhan espresso dan akan mencapai ekstraksi yang sempurna untuk mendapatkan sari-sari dari kopi.

 

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan