5 Skill Dasar Menjadi Penyeduh Kopi Manual Brew

0
66
alat seduh kopi
Photo by Suea Sivilaisith on Unsplash

Menyeduh kopi manual brew benar-benar meniadakan mesin sebagai alat untuk menyeduh kopi. Asiknya dalam menyeduh dengan metode yang paling tua ini adalah melatih koordinasi antara mata dan tangan kita. Untuk seorang pemula hal ini perlu dilatih secara berkala supaya lancar.

sebagai contoh seduhan V60 anda harus benar-benar terbiasa untuk mengendalikan ketel, karena aliran air juga mempengaruhi hasil seduhan kopi. ini adalah salah satu poin

1. Cup Test Untuk Uji Kualitas Rasa

Bagi seorang pedagang, kemampuan yang harus dimiliki berkaitan dengan dunia pemasaran modern saat ini yaitu, product knowledge. Seorang barista atau manual brewer kopi harus tau akan produk yang akan dijual.

Tidak mungkin kan jika ada pelanggan Tanya “mas ini rasa kopi gayo wine dan gayo natural bedanya apa?” ya kan tidak mungkin barista menjawab “Saya kurang tahu mas, soalnya stoknya adanya yang itu tadi”. Kan jadi lucu hehe…

Oleh sebab itu cup test harus dilakukan dengan cara mencoba masing-masing biiji kopi yang akan ditampilkan saat kedai buka. Untuk cup test anda cukup menyeduh kopi Arabika dengan cara tubruk dan anda deskripsikan rasa apa yang keluar.

2. Memahami Fungsi Alat Seduh

Banyak sekali alat seduh yang bisa menjadi pilihan saat di kedai kopi. Paling tidak ada lebih dari 5 jenis alat seduh, kita ambil yang paling banyak digunakan di kedai kopi:

  • Pour Over V60
  • Vietnam Drip
  • Mokapot
  • French Press
  • Aeropress

Berbeda alat beda pula ukuran halus dan kasarnya bubuk kopi, seorang barista juga akan memperhatikan suhu air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi manual brew. Mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing alat seduh.

Baca juga: Mengenal Kopi Murni yang Ada di Indonesia

3. Kebersihan Yang Paling Utama

Standar Klinis Kedai Kopi

Tidak peduli seberapa enak seduhan sebuah kedai. Kebersihan menjadi poin yang besar dalam menilai sebuah kedai kopi. Seorang barista harus cermat setiap saat dalam memperhatikan lingkungan kerjanya.

Terkadang sedikit noda kotor seperti cipratan kental manis atau serbuk rasa-rasa bertebaran di meja seduh. Dan beberapa konsumen kadang merasa terganggu saat menikmati kopi yang dipesannya.

Jika sampai pelanggan mengetahui ada beberapa noda dan menyampaikan “Mas, tolong dong dibersihkan mejanya, soalnya ada bekas minuman yang tumpah!”.

Ini akan menjadi sindiran keras, bagaimana kebersihan merupakan faktor utama dalam usaha kuliner.

Perlu banyak mengasah tentang kepekaan kebersihan dibalik meja bar. Ataupun melihat kondisi meja dan kursi meja pelanggan. Jika memang ada noda yang menempel harus segera dibersihkan, karena kita tidak tahu kapan pelanggan selanjutnya akan datang.

4. Skill Komunikasi & Pelayanan

pengunjung kedai kopi

Ini tentang bagaimana berinteraksi dengan pelanggan yang memasuki sebuah kedai, sama seperti perusahaan lain yang menerima banyak tamu. Terdapat poin yang perlu diterapkan seperti: Senyum, Salam, Sapa. 

Tindakan kecil ini akan memberi kesan yang baik kepada pelanggan. Tidak mungkin seorang barista menampilkan wajah yang muram seperti ada 1001 masalah dalam hidupnya dan akan berbahaya jika ada konsumen yang juga sedang sial di hari tersebut. Pasti akan membuat mood dari pelanggan juga tambah buruk.

Baca juga: Langkah-langkah Membuka Kedai Kopi “Menentukan Menu” bag. 1 dari 4

5. Hasil eksperimen yang menghasilkan karakter seduhan

Image by unsplash.com

Beberapa percobaan seduhan kopi manual brew bisa dicoba saat waktu luang. Ini guna menambah inovasi pada menu kedai.

Jika menu tersebut banyak yang menyukai dan memiliki nilai yang berbeda dibanding menu yang dimiliki kedai lain. Maka hal inilah yang akan membangun karakter dalam meracik sajian seorang barista.

Seorang barista perlu mencari beberapa referensi bahan baku yang cocok untuk dikombinasikan dengan kopi, itu bukan masalah. Tetapi ingat ini bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu beberapa orang yang memiliki ahli di bidang food & beverage.

Baca juga: 4 Ukuran Penting Dalam Meracik Kopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here