5 Jenis Seduhan kopi untuk Penikmat Kopi Sejati

0
80
Kopi Cappuccino

Banyak sekali jenis seduhan kopi yang terdapat industri kopi saat ini. Perkembangan dunia kuliner menjadikan kita mengikuti gaya hidup termasuk dalam mengkonsumsi makanan atau minuman. 5 jenis ini bisa dikatakan tambahan referensi untuk semua penikmat kopi.

1. Espresso

Di negara asalnya yaitu Italia, kita bisa membayangkan bagaimana masyarakat eropa memberikan dorongan dan efek kejut terhadap fisik mereka. Espresso merupakan amunisi yang ampuh untuk melejitkan aliran darah yang dipompa oleh jantung.

Minuman yang memiliki takaran dibawah 20-30 ml dalam satu single shot ini menjadi konsumsi harian untuk masyarakat. Ketika berangkat bekerja di pagi hari, bahkan sampai mempengaruhi tradisi yang ada negara-negara eropa.

Espresso lumayan ampuh untuk mejaga kondisi stamina kita saat bekerja seharian, banyak pecinta espresso menikmati seduhan ini paling tidak 3 kali dalam sehari, wuih kayak minum obat aja ya.. hehehe..

Kita bisa mengunjungi kedai memesan single shot espresso dengan diselimuti krema diatasnya. Sembari bergosip dengan sang barista tentang berita hari ini atau sekedar menanyakan skor sepak bola kemarin malam.

Terdapat jenis lain dengan takaran seduhan berbeda yang mungkin cocok untuk anda:

  1. Ristretto
  2. Lungo

Tidak masalah entah itu diseduh dengan alat manual atau mesin, penikmat espresso sejati akan tahu tentang seberapa kaya rasa dari hasil seduhan yang telah dibuat.

2. Pour Over

Metode ini memiliki banyak variasi teknik yang bisa dipakai, dengan menggunakan alat yang bentuknya mirip seperti corong. Kebanyakan dari pour over menggunakan kertas penyaring, karena hasil seduhan dari kopi ini tanpa ampas.

Alat pour over ditemukan di Jerman pada tahun 1908. Menghadirkan rasa seduhan yang ringan dan rasa yang jelas dengan menggunakan biji kopi arabika. Cocok banget bagi anda yang mengejar yang khas seperti rasa asam pada buah.

Ada beberapa jenis alat seduh dari pour over:

  1. V60
  2. Flat Bottom
  3. Wave
  4. Chemex

Pour over juga juga memiliki penyajian yang cepat hanya butuh waktu 3-5 menit penyeduhan. Seduhan yang biasa disajikan dalam server ini bisa anda nikmati bersama 2 atau 3 orang.

Beberapa percobaan bisa anda lakukan dengan mengubah tingkat halus dan kasarnya bubuk kopi, semakin halus bubuk kopi akan semakin kuat rasa kopi di dalam mulut. Di sebuah kedai kopi anda bisa meminta kepada brewer (istilah untuk penyeduh kopi manual) seberapa kuat seduhan yang anda inginkan.

3. Aeropress

Seringkali alat ini digunakan untuk lomba menyeduh manual di banyak negara, ditemukan di Amerika oleh seorang ilmuwan bernama Alan Adler pada tahun 2005. Alat ini berbentuk mirip tabung dengan karet penahan yang menjaga air seduhan keluar dari tabungnya.

Hasil dari seduhan ini mirip dengan espresso, ya.. jika anda tahu sang pencipta memang terinspirasi dari espresso. Dengan cara yang manual dan desain ergonomis sehingga memudahkan pemiliknya untuk membawa aeropress kemanapun.

Tenang aja aeropress ini tetap bisa mengeluarkan cita rasa asam kopi yang mirip dengan buah-buahan. Alat ini bisa menggunakan banyak metode seduhan entah itu panas atau ditambahkan es hasil seduhannya, tidak mengurangi rasa dari kopi itu sendiri.

Baca juga: Pengaruh Asam Kopi dan Pengaruh Pada Tubuh Kita

4. Coldbrew

Metode dengan melakukan ekstraksi kopi menggunakan air dingin yang disimpan di lemari pendingin selama 18-24 jam.

Anda bisa menyajikan coldbrew dengan cara anda sendiri di rumah, karena tidak semua kedai menyediakan menu coldbrew. Bagi anda yang tertarik untuk membuatnya banyak sekali rujukan secara daring di mesin pencari internet.

Untuk kopi murni anda bisa mendapatkannya di kedai ataupun rumah sangrai, jika anda tidak memiliki alat pengiring kopi anda bisa memintanya untuk menghaluskan biji kopi tersebut.

5. Cappuccino

Yang terakhir ini adalah seduhan alternatif, bagi anda yang ingin menambahkan susu pada secangkir kopi anda. dengan dengan takaran yang pas seduhan cappuccino tetap memberikan sedikit rasa kuat dari espressonya.

Susu yang diuap dengan menghasilkan foam (buih) yang lebih tebal dibanding dengan kopi susu sejenisnya seperti Café latte atau Piccolo.

Dengan mengunjungi kedai kopi terdekat, anda bisa memesan cappuccino. karena beberapa alat pembuat seduhan kopi susu ini tidak semua orang memilikinya. Selain itu belajar membuatnya pun juga membutuhkan waktu yang cukup.

Susu memang menjadi pasangan yang tepat untuk sebagaian besar orang yang menyukai seduhan dari Italia ini, dimana mereka (peminum kopi) bisa mencapai kenikmatan yang berbeda dari penikmat kopi lainnya.

Ada satu yang tidak ketinggalan, dari berbagai macam seduhan kopi apapun.

“Tetaplah minum kopi murni, perjalanan dan proses panjang menjadikan kopi tersebut istimewa ketika dinikmati” -Kaveo

Anda tetap bisa menikmati kopi jenis apapun yang anda suka selama itu sesuai dengan selera anda. Di Indonesia kadang kita tidak bisa menjelaskan tentang seduhan yang ini dan seduhan yang itu kepada orang-orang disekitar kita.

Baca juga: 15 Istilah Umum Dalam Dunia Kopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here