5 Peralatan/alat Kopi Manual untuk Pemula

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

1. Grinder

Grinder menjadi gerbang utama sebelum menguasai teknik penyeduhan kopi tahap lanjut. jika anda memiliki alat seduh namun belum memiliki penggiling kopi, tidak masalah. Anda bisa membeli biji kopi di roastery house yang sudah disangrai, anda bisa memilih ukuran kasar dan halusnya bubuk kopi. karena memang di beberapa roastery house, anda bisa meminta kopi dengan pilihan gilingan mulai dari yang kasar sampai yang halus, sesuai dengan kebutuhan konsumen kopi yang dibeli ingin diseduh dengan alat kopi apa.

Tetapi kebutuhan akan grinder berbeda lagi dengan kedai kopi, karena seperti yang pernah saya tulis di beberapa artikel, kopi murni akan terjaga kemurniannya dengan menjaga secara utuh biji kopi sebelum giling.

Untuk Anda yang baru mengenal akan kopi spesialti, alangkah baiknya memiliki penggiling terlebih dahulu, anda bisa menyeduh kopi dengan metode trubuk dengan berbagai variasi ukuran gilingan.

Di Indonesia anda bisa mendapatkan penggiling kopi mulai harga 100rb untuk jenis manual, dan 500rb untuk yang tenaga listrik.

Di beberapa metode seduh ‘grinder sangatlah signifikan’ karena bubuk kopi mengalami ekstraksi dan berpengaruh pada hasil akhir rasa sebuah kopi.

2. French Press (untuk gilingan bubuk kasar)

Ada sebuah metode seduh yang bernama ‘Imersi’ yang berarti rendam, salah satu alat yang menggunakan imersi yaitu french press.

Penggunaan French Press sangatlah mudah untuk penikmat kopi murni.

Untuk penikmat kopi pemula yang ingin mengenal metode seduh manual. penggunaan french press sangatlah mudah, lepas plunger atau filter yang menahan bubuk kopi, lalu letakkan bubuk kopi yang sudah digiling kasar kedalam gelas French Press dan kembalikan plungernya untuk menahan bubuk kopi. Selain itu anda juga bisa melakukan variasi dengan frenchpress, untuk sekedar membuat kopi susu. Fungsi lain dari frenchpress juga menjadi alat juga bisa untuk membuat buih pada susu pasteurisasi. Anda juga bisa menggunakan gelas french press untuk digunakan sebagai server

3. Vietnam Drip (untuk gilingan bubuk menengah/medium)

Vietnam Drip adalah alat seduh dengan metode tetes biasanya dipadukan dengan susu kental manis, air kopi menetes dari alat yang berbentuk seperti cangkir dan biasanya terbuat dari alumunium. Penggunaan Vietnam Drip sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam penyeduhannya, untuk penikmat kopi alat ini bisa menjadi pilihan karena tidak memerlukan listrik dan teknik yang sulit.

4. Moka Pot (untuk gilingan bubuk halus)

Penggunaan moka pot bisa dikatakan sedikit lebih ribet daripada French Press, Vietnam Drip atau Ibrik, tetapi bukan berarti pemula tidak bisa menggunakan alat ini. Semua alat kopi manual memang disediakan untuk pemula. Jadi jangan khawatir jika anda langsung membeli moka pot  tanpa tahu cara penggunaannya, banyak sekali literasi atau tuorial-tutorial yang disediakan di Internet tentang cara menggunakan moka pot.

Tetapi anda bisa menikmati cita rasa kopi yang kuat mirip dengan seduhan espresso.

5. Ibrik (Untuk gilingan bubu yang sangat halus)

Alat kopi ini berasal dari Turki, Bisa dikatakan Ibrik ini semacam kopi tubruk khas turki.

Metode seduh ibrik menggunakan jenis gilingan kopi yang sangat halus bahkan lebih halus dari gilingan espresso, bagi anda yang belum memiliki gilingan manual ataupun listrik anda bisa meminta roastery untuk menggilingkannya ketika anda membeli biji kopi.

Langkah-langkah dalam menyeduh ibrik yaitu dengan cara memasukkan bubuk kopi (anda bisa menggunakan jenis kopi robusta) yang sangat halus kedalam ibrik dengan takaran 1:15 1gr kopi dengan 1ml air, anda bisa mencoba memasukkan 15gr kopi (5 sendok teh) kopi dengan 150ml air, setelah itu anda memanaskan ibrik langsung di atas kompor dan tunggu hingga kopi mendidih. ‘Pada metode seduh yang khas dari turki ibrik dipanaskan menggunakan pasir panas’. Di Indonesia anda bisa menambahkan sedikit kayu manis untuk jenis kopi robusta.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan