5 Kategori Dalam Menilai Kedai Kopi

Photo by Igor Starkov on Pexels.com

1. Standar Wajib kebersihan, Pelayanan dan Sajian

Kita bisa menilai dari kebersihan meja dan tempat duduk pengunjung, nah dibawah ini ada beberapa daftar pertanyaan sederhana, apakah sudah dipenuhi oleh kedai-kedai. Setiap kedai harus bersaing dalam memberikan pelayanan terbaik. Kadang ada sebagian kedai yang hanya meningkatkan pelayanan saja tetapi tidak terlalu meningkatkan produknya, terkadang juga pengunjung tidak peduli produknya seperti apa atau biasa-biasa saja yang penting pelayanannya baik.

  • Dari segi kebersihan

“Apakah masih terdapat benda kotor yang ditinggalkan pengunjung sebelumnya?”

“Seberapa cepat pelayan kedai membersihkan meja yang telah ditinggalkan pengunjungnya?

  • Dari segi pelayanan

“Apakah pelayan memberikan senyum untuk semua orang yang datang?”

“Apakah pelayanan menyampaikan sesuatu dengan jelas?”

  • Dari segi sajian

“Apakah pelayan menyajikan dengan cepat?”

“Apakah pelayan memberikan estetika pada sajian?”

2. Stok Kopi Single Origin yang Menjadi Line-up

Di Indonesia kedai kopi terbaik idealnya menyajikan kopi nusantara mulai dari wilayah sumatera sampai papua, kita tahu bahwa Indonesia salah satu negara yang memiliki kopi terbaik di dunia.

3. Metode Seduh yang Ada

Tidak mungkin sebuah kedai kopi spesialti meniadakan alat seduh dengan metode dripping, atau press. Maka tidak mungkin hanya terdapat kopi tubruk saja.

Karena pengunjung bosan dengan menikmati kopi hitam saja, maka hadirlah susu sebagai paduan yang paling pas untuk penikmat kopi.

4. Pengetahuan Barista Tentang Kopi

Seorang barista harus memiliki pengetahuan tentang proses biji kopi. Saya berfikir bahwa ini menjadi sebuah keharusan karena untuk menjaga kepedulian dan gairah barista tentang dunia yang ditekuninya, memang untuk pembahasan proses biji tidak terlalu sering ditanyakan kepada pengunjung, tetapi alangkah baiknya barista juga harus mengenali tentang biji kopi yang diseduh.

Sang barista juga harus memahami teori metode seduh yang digunakan, supaya mereka juga memahami apa yang akan diberikan kepada pengunjung.

Pengetahuan tentang kopi seperti, buku-buku yang membahas tentang kopi, film yang mendokumentasikan tentang kopi, festival kopi lokal dan lain sebagainya menjadi salah satu rujukan sederhana yang bisa digunakan barista untuk mencari ilmu.

Tidak hanya pengetahuan tentang kopi saja alangkah baiknya dengan menambahkan pengetahuan yang lain seperti, skor pertandingan sepak bola yang sedang menjadi trending topik, atau hobi-hobi yang sedang populer.

5. Fasilitas

Beberapa fasilitas dasar yang harus dimiliki kedai kopi: toilet, ruangan merokok dan area parkir kendaraan.

Kami merasa bahwa ruangan merokok itu sangat penting karena Indonesia memiliki tembakau yang menjadi devisa negara khususnya di Indonesia, sehingga itu juga berdampak pada masyarakat Indonesia yang masih banyak perokok aktif dan beberapa penikmat kopi merasa bahwa kurang pas jika merokok tanpa mengopi.

Sebenarnya tidak ada pakem yang paten dalam menilai kedai kopi. Semua itu dikembalikan pada pemilik kedai dan kepuasan pengunjung. Sudah saatnya kenyamanan pengunjung lebih dijaga dan ditingkatkan.

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untu Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan