5 Alat Kopi Manual Untuk Pemula Menyeduh di Rumah

0
4
French Press
https://pixabay.com/images/id-1031494/

Saat ini perkembangan di dunia kopi mulai terlihat arahnya. Sekitar kurang-lebih 15 tahun yang lalu kopi masih dianggap minuman biasa, yang sekedar menjadi minuman penghilang rasa kantuk. Saat ini banyak sekali kopi dengan seduhan unik dan menarik. Ada yang berbasis mesaiun dan ada juga alat kopi manual (alat kopi yang tidak membutuhkan listrik atau mesin).

Beberapa alat kopi di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk menyeduh kopi di rumah.

1. Vietnam Drip

Vietnam drip merupakan alat yang dengan sistem filter (saring). Alat ini menjadi favorit di Indonesia karena biji kopi yang diseduh merupakan jenis robusta. Hasil seduhan akhir dari alat kopi Vietnam drip ini adalah kopi susu.

Ukuran giringan          : Fine to medium (halus ke medium)

Waktu seduh               : 2-4 menit

2. French Press

French Press
https://pixabay.com/images/id-1031494/

Berbicara giringan bubuk kopi yang kasar. Alat kopi French press lah yang jadi andalan. Alat kopi manual yang satu ini memiliki plunger (tiang penahan) dan terdapat mesh filter di ujung bawahnya. Plunger ini berfungsi untuk menahan bubuk kopi yang kasar, supaya tidak ikut tertuang kedalam gelas. Hasil seduhan French press adalah kopi hitam dengan karakter yang bold (tebal).

Ukuran giringan          : Coarse (kasar)

Waktu seduh               : 3-5 menit

3. Moka Pot

Alat kopi manual yang ditemukan di Itali ini memiliki bentuk yang unik. Memberikan sajian dalam bentuk ekspresso (mirip espresso) dan menghadirkan rasa khas cokelat dari seduhan kopi. Beberapa orang menyebut alat kopi ini percolator.

Ukurang giringan        : Medium

Waktu seduh               : 3-5 menit

4. Filter kopi V60

Saat ini banyak orang yang menyukai hasil dari seduhan V60. Karena hasil ekstraksi dari kopi bisa mengurangi kandungan minyak yang terdapat pada biji kopi. Saat air seduhan memenuhi ke dalam mulut karakter dari alat kopi manual V60 terasa clean (bersih). Beberapa alat kopi V60 terbuat dari bahan stainless steel tanpa menggunakan kertas saring, yang mana berfungsi untuk memudahkan dalam penyeduhan, beberapa pendapat filter kopi yang terbuat dari stainless steel akan meninggal aroma logam.

Ukuran giringan          : Medium atau Coarse (medium atau kasar)

Waktu seduh               : 2-4 menit

5. Ibrik Turkish

Alat seduh yang terakhir ini populer di jalanan Negara Turki, dimana banyak penjual kopi khas Turki. Untuk menyeduh kopi turki anda membutuhkan Ibrik. Berbentuk seperti cangkir yang memiliki gagang. Keunikan alat kopi ini dipanaskan menggunakan pasir. Tetapi karena tidak semua orang memiliki pasir untuk alat ini. Banyak orang langsung memanaskan alat ini di atas kompor

Ukuran giringan          : Super Halus

Waktu seduh               : 2-4 menit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here