4 Ukuran Penting Dalam Menyeduh Kopi

0
112
menyeduh kopi

1. Grind Size ukuran bubuk kopi halus hingga kasar

Dalam menyeduh kopi hal yang paling penting untuk dipahami adalah grind size, atau ukuran bubuk kopi. Dimana sebelum menjadi bubuk, kopi masih berbentuk biji dan perlu digiring. Sebagai konsumen tidak perlu bingung. Dalam menentukan ukuran bubuk.

Anda bisa membeli kopi di rumah sangrai dan meminta biji kopinya untuk dihaluskan, untuk mengetahui seberapa pas ukuran halus kopi, tidak perlu malu untuk minta dihaluskan biji kopinya, anda tinggal memintanya kepada penjual.

  • Extra Fine (sangat halus)
  • Fine (halus)
  • Medium to fine (medium sedikit halus)
  • Medium
  • Medium to coarse (medium sedikit kasar)
  • Coarse (kasar)
  • Ekstra Coarse (sangat kasar)

2. Rasio perbandingan kopi dan air

Di era kopi spesialti tidak melupakan tentang matematika dasar, saya yakin semua orang pasti paham kok, asal mau belajar hehe.. penghitungan dasar rasio bisa kita jadikan patokan kopi atau airnya. Tapi yang paling mudah kita bisa menjadikan bubuk kopi menjadi patokannya, karena sering juga dipakai oleh barista-barista yang ada di Indonesia.

Jadi seperti ini jika anda menggunakan rasio 1:15, maka cara menghitungnya setiap 1 gram kopi menggunakan 15 mililiter jumlah air.

Bagaimana jika 12 gram kopi? Yang digunakan untuk menyeduh, maka jika tetap menggunakan rasio 1:15, anda tinggal mengalikan dengan jumlah air yaitu 15, jadi rumusnya 12 gram kopi x 15 jumlah air = 180 mililiter.

Rasio air kopi

Maka banyaknya air yang kita tuang 180 mililiter untuk hasil seduhannya, nah beberapa teman-teman barista dan brewer di kedai kopi menyebut ini sebagai gramasi, takaran bubuk dan hasil seduhan.

3. Temperatur air yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi

Untuk mengetahui suhu yang dibutuhkan anda harus tahu dulu nih, kira-kira hasil atau rasa seduhan yang anda inginkan, seperti apa? Sebagai contoh: Jika anda menginginkan rasa seduhan yang kuat anda membutuhkan bubuk yang halus dan bisa meggunakan temperature diatas 87° celcius.

Tetapi jika anda menginginkan seduhan yang medium anda bisa menggunakan ukuran bubuk yang medium dengan air yang dipanaskan maksimal 87°-90° celcius.

Ketika menginkan seduhan yang ringan bisa menggunakan ukuran bubuk yang kasar dan diseduh dengan air yang dipanaskan maksimal 85° celcius

Ini terjadi karena semakin halus bubuk kopi, akan semakin mudah terpanaskan secara keseluruhan dan ekstraksi akan menjadi lebih kuat.

4. Waktu seduh mulai dari tuangan pertama

Waktu merupakan hal yang penting untuk membuat seduhan, waktu menyeduh yang singkat sangat dibutuhkan di sebuah kedai kopi. Tidak mungkin dilakukan seorang barista akan menyeduh kopi dengan metode pour over hingga 10-15 menit lamanya.

Tetapi bagi anda yang ada di rumah anda tetap membutuhkan perkiraan waktu dalam menyeduh kopi, karena banyak orang menyeduh kopi sebelum memulai aktivitas.

“Anda pasti tidak ingin terlambat bekerja hanya karena menyeduh kopi dahulu.” -Kaveo

Sebuah kopi yang diseduh dengan metode pour over dengan alat V60 cukup membutuhkan waktu 2-4 menit waktu menyeduh. Dengan kondisi 15 gram bubuk kopi berukuran medium atau coarse (kasar).

Dengan kata lain jika bubuk kopi yang anda gunakan terlalu halus maka seduhan akan menjadi lebih lama, karena aliran air saat dituang terhambat bubuk kopi.

Di era kopi spesialti kopi menjadi lebih mendetail dan memperhatikan langkah demi langkah, demi mencapai cita rasa yang khas dari sebuah biji kopi. selamat menyeduh ya gaes.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here