23 Ide Nama Kedai Kopi

2
3197

Terkadang untuk seseorang yang memulai usaha seduhan kopi bingung untuk mencari ide untuk memberi nama kedai kopi-nya. “Ingin mencoba nama ini takut kurang keren, coba nama itu takut tidak menjual?”, nah kaveo mencoba memberi beberapa ide nama kedai yang cocok dan juga netral untuk masyarakat Indonesia maupun turis luar negeri terdapat filosofinya juga lho tenang aja, hehee… dan Berikut ini contoh nama kedai yang menarik

1. STRAAT

Penjelasan: Diambil dari bahasa Belanda yang artinya adalah Jalan. anda juga bisa menambahkan coffee/coffee shop setelah nya menjadi Straat Coffee Shop.

Filosofi: Straat yang berarti jalan, bisa disambungkan dengan jalan kopi atau kopi adalah jalan hidup dan kenapa bahasa Belanda karena negara Belanda juga memiliki peran penting dalam masuknya kopi-kopi terbaik di Indonesia.

2. TUKANG SEDUH

Penjelasan: Tukang merupakan bahasa familiar di daerah Jawa untuk sebutan orang yang memiliki keahlian di suatu bidang tertentu.

Filosofi: Menjadi orang yang memiliki keahlian dalam menyeduh kopi yang akan melayani pelanggan dengan kemampuan terbaiknya.

3. BREAKER

Penjelasan: yang artinya pematah (dalam dalam bahasa inggris), dan identik dengan kata ice breaker, yang menjadi istilah istirahat untuk sebuah acara.

Filosofi: Untuk mereka yang selalu menghargai dirinya dalam berkatifitas, tidak masalah meski dengan secangkir kopi.

4. MURNI

Penjelasan: Diambil dari bahasa Indonesia, pemilik kedai bisa menggunakan kata ini sebagai bagian murninya kopi yang disajikan kepada pelanggan, nama murni lebih cocok disandingkan dengan Murni Roastery, Murni Coffee Shop, Murni Home Brew.

Filosofi: Murni berarti tanpa campuran, atau tidak tercampur unsur lain.

5. BUNAKEN

Penjelasan: Kopi memang identik dengan gunung dan dataran tinggi, tidak menutup kemungkinan menggunakan nama wisata bahari laut, bisa dijadikan nama sebuah kedai atau usaha kopi.

Filosofi: Bunaken salah satu kekayaan wisata yang terkenal di Indonesia.

6. GOLDEN RATIO

Penjelasan: Golden Ratio bisa dijadikan konsep sebuah kedai kopi yang menggunakan rasio seduhan emas yaitu 1:15.

Filosofi: Golden ratio tidak hanya perbandingan pada seduhan kopi semoga juga menjadi pemasukan emas bagi pemilik kedai.

7. KULTURIS

Penjelasan: kulturis adalah bahasa slang dari kultur/budaya penambahan ‘is’ menekankan pada sekelompok orang yang sedang berkultur/berbudaya

Filosofi: Keanekaragaman Indonesia dari segi budaya, bisa jadi minum kopi adalah sebagian dari budaya.

8. NIKMATI

Penjelasan: Dari kata dasar bahasa Indonesia “Nikmat”

Filosofi: Salah satu bagian penting untuk pecinta kopi. Mereka akan menikmati setiap jenis kopi.

9. COSMIC

Penjelasan: Cosmic adalah bentuk sinar radiasi dari partikel yang bermuatan energi tinggi yang berasal dari luar atmosfer bumi.

Filosofi: Kopi tidak hanya sebatas di bumi saja, banyak unsur-unsur yang ada di luar atmosfer bumi yang menjadikan kopi tumbuh dengan baik, kopi untuk para penikmat sejagat raya.

9. KAWAN LAMA

Penjelasan: Kawan Lama adalah frase sederhana bahasa indonesia, kawan lama merupakan nama kedai yang secara tersurat langsung diterima oleh semua orang, anda bisa menggabungkan nama ini menjadi Kawan Lama Coffee Shop, Kawan Lama Home Brew, Kawan Lama Roastery.

Filosofi: Semua orang pasti memiliki seseorang yang dirindukan tidak hanya keluarga/saudara tetapi kawan lama-pun juga akan kita rindukan dan berharap bisa menghabiskan waktu bertemu di sebuah kedai kopi.

10. DARKEST

Penjelasan: Darkest merupakan bahasa inggris yang artinya adalah tergelap/paling gelap/sangat gelap, mungkin ini bisa menjadi konsep pada kedai atau roastery yang profile roasting kopinya dominan berwarna gelap, seperti full city roast sampai ke Italian Roast.

Filosofi: Tiada yang lebih gelap selain kopi kami karena kenikmatannya tetap mampu mencerahkan hari-hari kalian.

11. Fortunism

Penjelasan: Dari kata fortune(bahasa ingris) atau kata fortuna dewi fortuna atau dewi keberuntungan, penambahan -ism adalah keterangan kata sifat.

Filosofi: Karena kedai ini memiliki sifat membawa keburuntungan bagi para pengunjungnya.

12. RING OF FIRE

Penjelasan: Ring of Fire diambil dari bahasa inggris yang berarti Cincin Api.

Filosofi: Karena indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang dikelilingi oleh gunung vulkanis yang aktif mulai dari Sumatera sampai Papua.

cocok digabungkan dengan Ring of Fire Coffeeshop atau Ring of Fire Roastery

13. SEDULUR

Penjelasan: Sedulur diambil dari bahasa Jawa yang berarti satu saudara/masih saudara

Filosofi: Kita bisa menjadikan pelanggan sebagai bagian dari saudara, bahkan pelanggan yang tidak suka minum kopi-pun juga seperti saudara sendiri

14. JAWI

Penjelasan: Jawi merupakan bahasa halus dari kata Jawa, kita tahu bahwa Jawa adalah salah satu daerah populer yang dikenal masyarakat barat untuk menyebutkan daerah kopi asal Indonesia, meskipun semua kopi tidak semuanya dari jawa.

Filosofi: Jawi dari kata Jawa yang berarti baik, maka semoga setiap kopi yang anda nikmati memberikan kebaikan bagi anda dan orang lain.

15. TERAPEUTIK

Penjelasan: Adalah terapi (diambil dari bahasa Indonesia)

Filosofi: Kopi bisa menjadi terapi oleh beberapa orang dalam hari-hari yang penuh dengan kesibukan.

16. SOBAT

Penjelasan: Sobat yang berasal dari bahasa indonesia adalah sinonim dari kata teman, rekan, kolega, sahabat dan kawan, sangat mudah diingat oleh semua orang indonesia memiliki makna yang penting di setiap hubungan antar manusia.

Filosofi: Seorang sobat terbaik tidak akan melupakan sobatnya ketika jauh di mata, sama seperti kopi, kopi yang enak di sebuah kedai juga akan dirindukan oleh penikmatnya.

17. 90City

Penjelasan: 90City (ninety city) dari bahasa inggris yang berarti 90 kota, dengan angka 90 identik dengan 90 derajat celcius, standar kematangan panas air untuk seduhan kopi.

Filosofi:

18. Persia

Penjelasan: Merupakan dataran dimana untuk pertama kali kopi ditemukan.

Filosofi: Karena tanpa adanya dataran ini maka anda tidak akan pernah menikmati black wine (istilah yang digunakan orang barat dalam menyebut kopi)

19. Goodman

Penjelasan: Berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah orang baik.

Filosofi: Setiap orang yang bisa memahami kopi termasuk bagian dari orang baik. dan untuk orang yang memahami berbagai macam proses panjang sebuah biji kopi hingga sampai ke meja seduh.

20. Memoar

Penjelasan: dari kata bahasa Indonesia yang artinya kenang-kenangan yang menyerupai autobiografi, dengan menekankan pendapat.

Filosofi: Akan selalu ada kenangan dibalik kenikmatan sebuah kopi murni anda tidak perlu membeli alat yang mahal karena kedai kopi terbaik akan menciptakan kenangan yang indah.

21. The Alchemist

Penjelasan: Dari bahasa inggris, yang artinya adalah Ilmuwan atau tukang sihir, The Alchemist juga salah satu novel terbaik dunia tentang perjalanan seorang anak muda di timur tengah.

Filosofi: Kedai kopi bisa menjadikan pengunjung merasa tersihir akan keajaiban sang barista dalam meracik seduhan kopi.

22. MASBRO

Penjelasan: Masbro merupakan bahasa tidak baku untuk remaja yang biasanya tinggal di Jawa digunakan untuk menyapa seseorang jika mereka belum mengenal atau mengetahuinya satu sama lain, terlihat lebih sopan dan menghargai orang lain karena mas/emas dari bahasa jawa  berarti penggilan sopan.

Filosofi: Penikmat kopi akan selalu akrab dengan jenis kopi apapun, seakrab anda memanggil orang lain dengan kata masbro.

23. ISTIMEWA

Penjelasan: Dari bahasa indonesia, tetapi kata istimewa jika diartikan dalam bahasa inggris bisa bermakna Special dan bisa dikaitkan dengan Specialty sebuah penilaian dengan standar internasional pada sebuah kopi.

Filosofi: Tidak ada kopi yang murni yang tidak istimewa karena keistimewaan kopi hanya untuk mereka-mereka yang menghargai kopi murni.

 

 

Terima kasih telah berkenan meluangkan waktu untuk membaca blog kami.

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here