17 Istilah Umum Dalam Dunia Kopi

0
115
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Nah untuk para penikmat kopi pemula terkadang bingung memahami istilah kopi, ini dikarenakan istilah kopi kebanyakan menggunakan bahasa inggris. Istilah-istilah Bahasa inggris di dunia kopi bertujuan untuk menyamaratakan istilah supaya dipahami oleh orang di seluruh negara. Hmm.. Selain ituu.. banyak sekali teori atau artikel tentang keterampilan membuat kopi menggunakan bahasa inggris. Dibawah ini ada daftar kecil tentang istilah kopi pada umumnya.

1. Arabika:

Adalah Spesies tanaman, buah, biji kopi, ditanam ditanah dengan ketinggian diatas 700 meter diatas permukaan laut, memiliki ukuran yang lebih kecil dari kopi robusta dan memiliki kandungan gula lebih banyak dari robusta. Perdagangan untuk kopi arabika sebanyak 60% lebih dari jenis spesies kopi yang lain, sehingga spesies ini menjadi yang paling populer.

2. Robusta:

Adalah Spesies tanaman, buah, biji kopi, yang ditanam dibawah ketinggian 700 meter diatas permukaan laut, memiliki ukuran yang lebih besar dibanding kopi arabika, memiliki kandungan kafein 2x lebih banyak daripada arabika. Dari segi harga kopi robusta memang tidak pernah lebih mahal dari kopi arabika.

3. Single Origin:

Adalah kopi yang ditentukan dari wilayah dan letak geografisnya, contoh flores manggarai, yaa.. kopi yang ditanam di Flores wilayah/desa Manggarai atau Toraja Sapan yaitu kopi yang ditanam di Toraja di wilayah/desa Sapa.. lawan dari single origin adalah house blend, pencampuran dari 2 tempat berbeda, seperti house blend Biji Kopi Jawa dan Biji Kopi Bali.

4. Vietnam Drip:

adalah alat kopi yang yang berbentuk seperti cangkir, biasanya terbuat dari stainless steel, setelah diisi kopi lalu diletakkan diatas cangkir kopi yang sudah terdapat susu kental manis, maka kopi akan menetes kedalam cangkirnya. Beberapa orang mengira Vietnam drip adalah jenis kopi dari vietnam. Diberi nama Vietnam drip karena alat ini ditemukan di negara Vietnam.

5. Pour Over:

adalah metode seduh dengan menuangkan air sedikit demi sedikit pada kopi yang diletakkan dalam penetesnya(dripper), pour over bisa menggunakan beberapa alat penyeduh seperti, V60 atau Kalita.

6. Server:

adalah alat untuk menampung hasil seduhan kopi, fungsi dari server sebagai alat takar dan pembagi kedalam beberapa gelas kopi.

7. Espresso:

adalah metode seduh kopi dengan menggunakan mesin espresso, kata ‘espresso’ berasal dari bahasa Itali yang artinya sesuatu yang dipaksa keluar, hasil seduhan espreso bervariasi antara 27ml-35ml.

8. Café Latte:

Perpaduan seduhan espresso dengan susu, café latte identik dengan kopi yang digambar diatasnya dengan menggunakan buih diatasnya.

9. Cappucino:

Perpaduan seduhan espresso dengan susu, bedanya dengan café latte adalah cappucino memiliki banyak foam dan biasanya tidak ada gambarnya.

10. Roasting:

adalah proses kopi hijau disangrai menjadi kopi siap seduh sampai bewarna kecokelatan.

11. Brew:

Istilah bahasa inggris yang artinya menyeduh.

12. Barista:

Seorang profesional yang melayani penyeduhan kopi di sebuah kedai, seorang barista juga menguasai mesin espresso.

13. Gayo:

Adalah nama desa di provinsi Aceh yang menanam dan mengolah hasil panenan kopi. Nah jika sebelumnya ada istilah single origin, maka jika anda menemukan kopi dengan label Aceh Gayo berarti kopi tersebut merupakan single origin dari daerah gayo saja.

14. Toraja:

Nama wilayah di provinsi Sulawesi penghasil kopi. Nah di Toraja terdapat beberapa desa lagi seperti Sapan, Kalosi, dll

15. Acidity:

Adalah rasa asam dari kopi bisa berasal dari kopi tersebut atau hasil dari seduhannya. Rasa asam pada kopi ini tidak berkaitan dengan kandungan asam yang berbahaya pada lambung, hanya sebatas rasa asam.

16. Bitter:

Adalah rasa pahit dari kopi bisa berasal dari kopi tersebut atau hasil seduhannya. Nah banyak penikmat kopi spesialti terganggu dengan rasa bitter ini, padahal belum tentu salah dari biji kopinya, mungkin dari proses seduhnya, bitter pada kopi hingga saat ini masih ada penikmatnya.

17. Peaberry:

Jenis biji kopi yang bentuknya bulat terkadang lebih besar, biji kopi ini dihasilkan dari buah/ceri kopi yang memiliki gen berebeda. peaberry hanya ada 1 biji kopi saja di dalam buah/ceri. Pada umumnya buah/ceri menghasilkan dua biji kopi yang saling berhadapan. Orang indonesia memberi nama ‘kopi lanang’ pada jenis ini.

Itulah beberapa istilah di dunia kopi, Tidak juga suatu keharusan menggunakan istilah bahasa inggris kok. memakai bahasa daerah sah-sah saja, tetapi kekurangannya apabila menggunakan bahasa daerah ialah, jika ada pengunjung kedai dari manca negara akan kesulitan dalam memilih menu, maka digunakanlah bahasa inggris supaya universal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here