15 Istilah Umum Dalam Dunia Kopi

0
5

Banyak sekali istilah yang ada di dunia kopi. Tidak sedikit pula pengunjung kedai yang bertanya tentang kata-kata dalam membuat kopi. Istilah umum dalam dunia kopi juga harus menjadi pebendaharaan kata yang harus dimiliki oleh barista.

1. Arabika

Jenis varietas kopi yang memiliki ciri khas rasa lebih asam seperti buah-buahan, jenis varietas arabika memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis biji kopi yang lain, kandungan gula pada arabika lebih banyak dibanding dengan jenis kopi yang lain.

2. Robusta

Jenis varietas kopi yang banyak dibudidayakan di Indonesia, kopi jenis robusta memiliki ciri khas fisik yang lebih besar dan kandungan kafein yang lebih besar dibandingkan dengan kopi lain. Rasa kopi robusta cenderung mengeluarkan rasa bitterswett (pahit).

3. Espresso

Berasal dari bahasa Italia yang artinya dipaksa keluar. Espresso seduhan yang menggunkan bubuk kopi yang halus dan membutuhkan tekanan yang cukup untuk menghasilkan ekstraksi yang maksimal.

4. Affogato

Berasal dari bahasa Italia yang artinya tenggelam. Affogato adalah sajian kombinasi antara es krim dan Espresso. Pemberian nama ini dikarenakan es krim-nya tenggelam ke dalam espresso.

5. Latte

Berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. latte merupakan frasa dari Cafe Latte, Susu yang dipanaskan dengan menggunakan uap dan menghasilkan foam/busa. Penyajian untuk Cafe Latte dengan menyeduh Espresso dan menambahkan latte.

6. Single Origin

Single origina adalah biji kopi yang diklasifikasikan berdasarkan tempat atau asal kopi tersebut dipanen. Kopi single origin juga dipanen di tempat yang sama entah itu kebunnya atau negaranya.

7. House Blend

House blend merupakan kopi dari berbagai daerah yang telah melalui proses roasting kemudian dicampur. Jenis biji kopi ini bisa dicampur hingga 2-4 jenis kopi.

Baca Juga: Perbedaan Antara Kopi Single Origin dan Kopi Blends

8. Grinder

dari bahasa inggris, yang artinya penggiling. fungsi dari grinder adalah mejadikan biji kopi menjadi bubuk. Kopi dalam keadaan bubuk halus akan menghasilkan proses ektraksi saat menyeduh kopi.

9. V60

Alat seduh yang berbentuk segitiga sama kaki terbalik, dengan sudut kemiringan 60 derajat, dengan metode drip (tetes). V60 bisa menghasilkan seduhan yang ringan dan bersih tanpa ampas. V60 ada yang menggunakan kertas atau tanpa kertas. Alat ini ditemukan di Jerman tahun 1908.

10. French Press

French press adalah alat seduh yang berbentuk gelas yang memiliki plunger (tiang penyangga penyaring). Fungsi dari plunger ini menahan bubuk kopi yang ikut dituang. Frenchpress menggunakan ukuran gilingan kasar. Metode yang digunakan Frenchpress adalah Full Immersion (rendam penuh).

11. Manual Brew

Dari bahasa Inggris yang artinya menyeduh manual. Metode menyeduh manual yang sederhana dan murah. Manual brewing tidak menggunakan mesin seperti mesin espresso atau coffee maker. beberapa alat manual brew diantaranya V60, Vietnam Drip, Frenchpress, Mokapot.

12. Roasting

Dari bahasa Inggris yang artinya menyangrai. Merupakan kegiatan Paska panen dengan memanaskan biji kopi hijau. hingga mengembangkan lalu pecah mengeluarkan kafein dan mengeluarkan aroma.

13. Frothing

Berasal dari bahasa Inggris yang artinya berbusa. Frothing adalah proses membuat busa susu untuk dikombinasikan dengan sajian susu. Biasanya susu yang difrothing dituang ke dalam kopi untuk membuat seduhan cappuccino.

14. Bittersweet

Dari bahasa Inggris yang artinya pahit. Bittersweet merupakan rasa yang mudah dideskripsikan oleh penikmat kopi pemula. beberapa jenis bittersweet pada kopi lebih banyak pada robusta, seperti rasa arang, karet terbakar, dan sebagainya.

15. Acid

Dari bahsa Inggris yang artinya asam. Seringkali diidentikan dengan kopi jenis varietas arabika yang memiliki rasa asam. Beberapa jenis asam banyak terdapat pada kopi Arabika dengan rasa buah-buahan, seperti rasa jeruk, lemon, apel dan sebagainya

Baca Juga: Jenis Acidity Pada Kopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here