10 Fakta tentang Kopi di Masa Lampau

0
48
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Kali ini kami akan nulis buat kalian tentang fakta tentang kopi pada jaman dahulu, mungkin yang baca ini pada belum lahir kali ya.. hehehe..

#1 Makna Kopi

Kata ‘kopi’ berasal dari bahasa arab qahwah, yang mana aslinya mengacu pada jenis minuman anggur. Istilah lainnya dalam bahasa arab dieja ‘quwwa’ yang artinya adalah kekuatan.

 

#2 Penemu Kopi

Masih tidak ada orang yang tahu siapa penemu kopi sebenarnya, ada beberapa cerita yang berkembang pada abad ke-19, seorang pengembala kambing bernama Kaldi di Kaffa, Ethiopia, melihat kambingnya begitu aktif tidak seperti biasanya seperti terlihat bahagia setelah mengunyah buah ceri dari pohon kopi. Setelah itu dicobalah oleh Kaldi dan kaldi terasa lebih bersemangat dan lebih berenerji.

 

#3 Minuman Kopi

Dahulu kala di daerah Ethiopia buah ceri kopi dikunyah langsung, lalu pada abad ke-15 pedagang dari Yaman menentukan untuk merebus kopi dan diminum airnya.

 

#4 Kopi Untuk Beribadah

Pada abad ke-15 di dataran arab seorang musafir menjadikan kopi sebagai minuman berenergi menjaga kekhusukan dalam beribadah, berdo’a dan menjaga mereka supaya tetap terjaga sepanjang malam saat beribadah.

 

#5 Persebaran Kopi

Sekitar 100 tahun kopi menjadi minuman utama orang-orang muslim di arab. Petani Yaman menanam kopi yang memiliki rasa berbeda-beda, setelah itu pada abad ke-16 kopi menyebar ke daerah arab yang lain termasuk Turki dan Persia. Dan hanya dikonsumsi saat beribadah.

 

#6 Kopi & Masyarakat

Kopi menjadi sarana penting dalam bersosialisasi, Jaman dahulu-pun kedai kopi menjadi sarana bersosialisasi dengan orang lain dari berbagai macam latar belakang, entah itu ingin melepas lelah, mendengarkan musik, bermain catur, membahas agama atau politik. Orang-orang jaman dahulu menyebut kedai kopi, yaitu Rumah Kopi, Tidak hanya sekeder tempat minum, terkadang sebagai tempat dalam mencari informasi.

 

#7 Kopi Dilarang

Fakta tentang kopi yang lain adalah pada tahun 1511 kopi sempat dilarang di Mekah karena dianggap memabukkan.

 

#8 Kopi di Gereja

8. Sempat juga dilarang di Gereja Etiopia Ortodox. Karena kopi adalah simbol minuman orang muslim.

 

#9 Abad ke-16

Kopi mulai menjangkau Eropa pada abad ke-16, lebih tepatnya di pulau Malta melalui budak muslim turki. Nah sejak saat itu masyarakat Malta mulai mencari peluang dengan membuka kedai Kopi.

 

#10 Perdagangan Kopi

Kopi menjangkau dataran utama Eropa melalui Venezia lalu dunia arab mengenalkan kopi ke daratan utama Eropa lalu kopi diperjualbelikan dengan harga yang tinggi. Rumah kopi pertama yang ada pusat eropa dibuka di Venezia pada tahun 1645.

 

Terima kasih telah berkenan meluangkan waktu untuk membaca blog kami, semoga dapat pengetahuan fakta tentang kopi.

Untuk saran dan komentar bisa dikirimkan ke kolom komentar atau ke email.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kaveo.id ya.. Salam kopi spesialti 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here